PENDAMPINGAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPTD SD NEGERI 10 PAREPARE
Main Article Content
Abstract
Kampus Mengajar adalah salah satu program MBKM yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program Kampus Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi agen perubahan di dunia pendidikan demi terwujudnya pendidikan yang maju di Indonesia. Program ini menawarkan kepada mahasiswa pengalaman belajar di luar kampus selama satu semester, yaitu langsung di sekolah. Melalui adanya program ini, diharapkan mahasiswa dapat berkontribusi langsung dalam pendidikan dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan di kampus. Mahasiswa bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan seluruh stake holder terkait khususnya pihak sekolah bekerja sama dalam menjalankan program kerja Kampus Mengajar. Kegiatan Kampus Mengajar ini dilaksanakan pada bulan Februari-Juni 2024 di UPTD SD Negeri 10 Parepare. Hasil pendampingan kegiatan program Kampus Mengajar dalam kategori baik sesuai dengan terlaksananya seluruh program kerja yang telah disepakati. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Program Kampus Mengajar baik dan dapat diteruskan, namun dengan catatan bahwa pelaksanaan program ini diperlukan pendampingan yang baik dari DPL dan perlunya kerja sama yang baik dari pihak sekolah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arbianti, S., Mujiwati, Y., Hakimah, S. A., & Azizah, S. N. (2024). Program Kampus Mengajar Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dan Numerasi Di SMP Kristen Elkana Kota Pasuruan. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 83-96.
Cahyaningrum, G. K., Ameliana, A., Philippus, H. S., Norjannah, N., Ibrahim, C. A., & Cahyono, D. (2024). Implementasi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Jurnal Media Informatika, 6(2), 378-383.
Fadil, K., Fahri, M., & Nurpajriah, S. (2024). Penguatan profil pelajar Pancasila bagi anak sekolah dasar melalui program Kampus Mengajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2166-2174.
Fitriansyah, F. (2024). MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 238-246.
Jumadiyah, N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 5 di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 12-22.
Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610).
Maharani, T. I., Supriadi, S., & Nurdiansyah, E. (2024). Analisis Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 4 di SD Inpres Layang Tua II Kecamatan Bontoala. Jurnal Mirai Management, 9(1), 301-307.
Nurfauziah, S., & Fatonah, N. (2024). Implementasi program kampus mengajar dalam membangun budaya literasi baca tulis di SDN 2 Purbayani. Jurnal Pgsd Uniga, 2(1), 113-120.
Oktarina, K. H., & Anggerina, P. D. (2024). Persepsi mahasiswa program kampus mengajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa stkip agama Hindu Singaraja, Bali. EDU RESEARCH, 5(2), 62-71.
Rahmawati, R., Sastrawan, B., Martin, A. Y., Roestamy, M., Purnamasari, I., Maruapey, M. H., ... & Danil, M. (2024). ASSESSING THE IMPLEMENTATION OF KAMPUS MENGAJAR POLICY IN ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS. Jurnal Pendidikan Islam.
Yuwono, M. R., Ferryka, P. Z., Setyandari, A., & Munif, F. A. (2024). Analisis kemampuan literasi numerasi mahasiswa pada implementasi program kampus mengajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 111-128.