PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SPF SD INPRES LAYANG III MAKASSAR

Main Article Content

Shasliani Shasliani
Nur Ilmi
Syarifah Balkis
Rusdi Rusdi
Usman Usman

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan menjadi mitra guru dalam melakukan pengembangan strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Dengan melaksanakan program ini, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan abad 21 (berpikir analitis, penyelesaian masalah, kepemimpinan, manajemen tim, kreativitas dan inovasi, komunikasi interpersonal). Kampus Mengajar Angkatan 7 berujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga dapat menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan bantuan administrasi di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 7 UPT SPF SD Inpres Layang III Makassar, kota Makassar. Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 19 Februari – 9 Juni 2024. Hasil dari kegiatan adalah program pendampingan telah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan yang diharapkan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Program Kampus Mengajar Angkatan 7 UPT SPF SD Inpres Layang III Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan memberi dampak positif bagi mahasiswa dan siswa UPT SPF SD Inpres Layang III Makassar, kota Makassar

Article Details

How to Cite
Shasliani, S., Ilmi, N., Balkis, S., Rusdi, R., & Usman, U. (2024). PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SPF SD INPRES LAYANG III MAKASSAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 928–935. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2352
Section
Articles
Author Biographies

Shasliani Shasliani, Universitas Negeri Makassa

Program Studi Pendidikan IPS, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Nur Ilmi, Universiatas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Syarifah Balkis, Universitas Negeri Makassa

Program Studi Pendidikan IPS, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Rusdi Rusdi, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan IPS, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Usman Usman, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

References

Ainun, N., Asri, K., Agustina, Y., Fahmi, C. N., Suryawati, I., Ismulyati, S., ... & Sufriadi, D. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS

MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-31.

Anugrah, Tengku Muhamad Fajar. 2021. “Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19.” AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional 3(3): 38–47.

Dwi Etika, Erdyna, Sevia Cindy Pratiwi, Dwike Megah Purnama Lenti, and Dina Rahma Al Maida. 2021. “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2.” Journal of Educational Integration and Development 1(4): 2021.

Hamzah, RA (2021). PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I PROGRAM MERDEKA BELAJAR KEMDIKBUD DI SEKOLAH DASAR. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Meilia, Amajida Triska, and Gery Erlangga. 2022. “Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 17(2): 120–28.

Muhammad Amran, 2024 “ Pendampingan program Kampus Mengajar di UPT SD Negeri 37 Barru. Jurnal AMPOEN.

Munirah. 2015. “Sistem Pendidikan Di Indonesia Antara Keinginan Dan Realita.” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2(2): 233–45.

Ramadhoni, S. R., & Maharani, R. (2023). Penerapan Konsep Building Learning Power untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 50-55.

Ramadhoni, S. R., & Ria Maharani. (2023). Penerapan Konsep Building Learning Power untuk Pendidikan Karakter . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.239

Rismauli, J et al. 2022. “Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Di SD 014 Kampung Baru.” Reka Karya … 1(November):201–6. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekakrya/article/view/7590%0Ahttps://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekakarya/article/download/7 590/3158.

Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 609-613.

Sufriadi, D., Agustina, Y., Zakaria, Z., & Hamid, A. (2022). Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2492-2500.

Tim Program Kampus Mengajar. 2024. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 7. Program Kampus Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi

Wahyudi, Lestari Eko et al. 2022. “Mengukur Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS) 1(1)