WORKSHOP METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN DAN PUZZLE

Main Article Content

Zaid Zainal
Nurul Mukhlisa
Kamaruddin Hasan
Wawan Krismanto

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru-guru SD dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Berdasarkan analisis kebutuhan, ditemukan bahwa pembelajaran matematika sering dianggap sulit oleh siswa, sehingga memerlukan metode yang dapat meningkatkan minat dan motivasi mereka. Workshop ini melibatkan sesi teori, praktik langsung, dan diskusi mengenai strategi penggunaan permainan dan puzzle dalam pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap metode ini, yang ditunjukkan dengan kenaikan nilai rata-rata pre-test ke post-test, serta tingginya tingkat kepuasan dan relevansi metode dengan kebutuhan pembelajaran. Implementasi metode ini diharapkan mampu meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa dalam matematika.

Article Details

How to Cite
Zaid Zainal, Mukhlisa, N., Kamaruddin Hasan, & Wawan Krismanto. (2024). WORKSHOP METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN DAN PUZZLE. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1063–1069. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2388
Section
Articles
Author Biographies

Zaid Zainal, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Nurul Mukhlisa, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Kamaruddin Hasan, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Wawan Krismanto, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

References

Amalia, D., et al. (2022). Peran Lingkungan Belajar yang Menyenangkan dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 245-258.

Fitriana, M. (2020). Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Media Permainan di SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(2), 112-120.

Hidayat, A., et al. (2020). Pembelajaran Menyenangkan dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 33-45.

Lestari, R., & Nugroho, D. (2023). Metode Puzzle dalam Pembelajaran Pecahan di SD: Dampaknya terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Matematika Pendidikan, 10(1), 67-80

Nugraha, R., & Setiawan, D. (2019). Analisis Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SD dengan Pendekatan Konvensional. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 45-53.

Nugroho, D., & Lestari, A. (2023). Pembelajaran Inovatif untuk Matematika dengan Pendekatan Permainan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 55-67.

Pratama, A. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 145-158.

Putri, R. & Rahma, N. (2021). Pendekatan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Kreatif, 8(2), 117-125.

Rahmawati, L., et al. (2021). Strategi Pengajaran Berbasis Permainan di Kelas. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(2), 134-146.

Rahmawati, S., & Putra, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(3), 145-156.

Rahmawati, I., Subekti, M., & Supriyanto, E. (2022). Permainan Edukatif sebagai Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 17(4), 221-230.

Sari, A., & Lestari, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(3), 256-268.

Santoso, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan Puzzle dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 89-102.

Sutrisno, T. (2020). Penggunaan Puzzle Edukatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(1), 77-85.

Sutoyo, A., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Puzzle dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 87-98.

Yulianti, S. (2019). Metode Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 9(4), 299-310.