PENDAMPINGAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPTD SD NEGERI 39 PAREPARE
Main Article Content
Abstract
Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang menjadi program pilihan mahasiswa jika ingin berkegiatan di luar kampus. Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk memiliki kegiatan di luar kampus sebanyak dua semester. Program Kampus Mengajar memberikan tugas kepada mahasiswa untuk menjadi agen perubahan pendidikan Indonesia menjadi lebih baik di sekolah sasaran. Kampus Mengajar sekaligus menjadi kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan program Kampus Mengajar melalui pendampingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan juga berkoordinasi dengan guru pamong dan seluruh stakeholder yang terkait. Kegiatan Kampus Mengajar ini dilaksanakan pada bulan Agustus – Desember 2023. Hasil pendampingan pelaksanaan program Kampus Mengajar pada kategori baik karena seluruh program kerja yang direncanakan telah dilaksanakan dengan baik. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Program Kampus Mengajar berdampak positif terhadap mahasiswa dan sekolah sasaran, yaitu UPTD SD Negeri 39 Parepare. Pelaksanaan program Kampus Mengajar Angkatan 6 di UPTD SD Negeri 39 Parepare dalam kategori sangat baik dan sangat bermanfaat, sehingga program ini dapat dilanjutkan dengan beberapa saran perbaikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdurahman, A., Ramadhani, S. D., & Wahyudi, H. (2023). Upaya Peningkatan Melek Tekhnologi dan Administrasi melalui Program Kampus Mengajar pada SDN Banjarsari 04 Kabupaten Jember. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 131-138.
Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021, September). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 142-150).
Alam, S., Abustang, P. B., Amalina, R. N., & FJ, N. H. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar untuk Peningkatan Karakter Gemar Membaca melalui Program Literasi Kampus Mengajar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1022-1027.
Amran, M., Muhammad Irfan, Muslimin, & Lukman Ali. (2024). PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD NEGERI 37 BARRU, KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 112–119. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.821
Arfi, S. W., & Hidayati, C. (2023). PERAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 3(03), 11-22.
Fani, M., & Tranggono, D. (2023). Eksistensi program kampus mengajar angkatan 4 dalam meningkatkan literasi dan numerasi di SDN Karang Nangkah 1. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 115-124.
Hartatik, S. F. (2022). Pojok Baca Kelas Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Dalam Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Satu Atap Karangploso Malang. Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 21-25.
Karunia, I. K. A., & Megaputri, P. S. (2023). Asistensi Mengajar Bahasa Inggris Sebagai Salah Satu Program Kampus Mengajar: Pengabdian di SD N 5 Jinengdalem. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 91-100.
Manurung, R., & Nahor, J. M. B. (2022). Pelaksanaan program kampus mengajar untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di SD 173408 Dolok Sanggul. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13114-13117.
Nafiah, N., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., & Nashirin, R. (2022). Transfer kompentesi teknologi dari mahasiswa kepada guru sekolah dasar: Sebuah program pengabdian masyarakat. Indonesia Berdaya, 3(4), 809-816.
Renaldy, A., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2022). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Kampus Mengajar 3. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 772-880.
Setiyawan, Y. A., Putri, M. S., Salsabila, I. L., Oktaviani, D. R., & Khansa, A. A. (2022). Penguatan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri 1 Pomah, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1067-1074.
Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547.
Soenandi, I. A., Angin, P. P., & Anu, B. (2021). Peningkatan Kesiapan Literasi Digital Dalam Menunjang MBKM Kampus Mengajar di Wilayah Desa Tajur Halang SD, SMP Sinar Kasih dan Masyarakat Sekitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(3), 237-246.
Wulan, E. P. S., & Samosir, S. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12085-12090.
Wulandari, T., Hasanah, R. U. ., & Fadillah, D. T. (2024). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa: Systematic Literature Review. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 350–359. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1525
Yulasteriyani, Y., Isyanawulan, G., & Nurillah, I. (2021). Kampus Mengajar: Upaya Pendampingan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 di Desa Kalampadu Ogan Ilir: Kampus Mengajar: Educational Assistance Efforts in the Era of the Covid-19 Pandemic in Kalampadu Ogan Ilir Village. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 406-415