PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPTD SMP NEGERI 5 BARRU

Main Article Content

Muhammad Amran
Latri Aras
Ahmad Syawaluddin
Muh Irfan
Kamaruddin Hasan

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan sebuah kebijakan baru dari pemerintah dalam akselerasi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Kebijakan ini bertujuan memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar diluar program studi dan/atau diluar kampusnya. Hal ini juga dirancang untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat, serta meningkatkan daya saing lulusan. Salah satu program yang dimiliki oleh MBKM ini adalah kampus mengajar, kampus mengajar angkatan 7 ini tetap berfokus dalam peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, adaptasi teknologi serta bantuan dalam administrasi sekolah. Salah satu sekolah penempatan kampus mengajar angkatan 7 adalah UPTD SMP Negeri 5 Barru, melalui kolaborasi antara mahasiswa, guru pamong dan beberapa guru mata pelajaran yang berfokus pada pembelajaran literasi dan numerasi, mahasiswa berkreasi dalam memberikan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif, adaptasi teknologi serta pembenahan perpustakaan. Pelaksanaan program Pendampingan Pembelajaran kampus mengajar angkatan 7 di UPTD SMP Negeri 5 Barru telah selesai dilaksanakan. Sehingga dapat disimpulkan Program ini memberikan banyak dampak positif bukan hanya pada siswa yang menjadi sasaran kegiatan, tapi juga pada mahasiswa yang bertugas di sekolah penugasan, dan bahkan guru yang berkolaborasi. Melalui program ini, guru terbantu dalam hal pelaksanaan mengajar di kelas dengan berbagai inovasi media pembelajaran, kemudian mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar secara langsung dengan menghadapi berbagai karakter siswa di setiap kelas.

Article Details

How to Cite
Amran, M., Aras, L., Syawaluddin, A., Irfan, M., & Hasan, K. (2024). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPTD SMP NEGERI 5 BARRU . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 700–707. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2236
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Amran, Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar

Latri Aras, Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar

Ahmad Syawaluddin, Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar

Muh Irfan, Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar

Kamaruddin Hasan, Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar

References

Hikmawati, Sari, K. I. W., Malkan, M., Andani, T. G., & Habibah, F. N. (2021). Pengembangan Literasi Digital Guru dan Siswa Melalui Program Kampus Mengajar di SMPN 19 Mataram. Unram Journal of Community Service, 2(3), 83-88.

Livia Mutiara Sabrina. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

RK, V., & Kusmiarti, R. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI SERTA MEMBANTU ADMINISTRASI SEKOLAH MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 STUDI KASUS SMP NEGERI 39 BENGKULU UTARA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2). https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.2654

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5).

Superman, Purmintasari, Y. D., & Agustina, R. (2020). Penguatan Literasi Di Sekolah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 230-240.

Wulan, E. P. S., & Samosir, S. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10377

Most read articles by the same author(s)