PENDAMPINGAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPTD SD NEGERI 57 PAREPARE

Main Article Content

Nurul Mukhlisa
Kamaruddin Hasan
Muhammad Amran
Lukman Ali
Usman

Abstract

Kampus Mengajar adalah salah satu program MBKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Program Kampus Mengajar dapat memberikan mahasiswa pengalaman langsung di dunia pendidikan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan dirinya. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester. Sesuai dengan slogan Kampus Mengajar, yaitu belajar sambil berdampak. Berdasarkan slogan tersebut, mahasiswa tidak hanya belajar, namun juga berdampak pada dunia pendidikan. Mahasiswa menyusun program kerja bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mitra guru. Mahasiswa menjadi mitra guru dalam pelaksanaan program kerja, khususnya dalam rangka peningkatan literasi dan numerasi peserta didik, adaptasi teknologi pada guru dan peserta didik, dan administrasi sekolah. Seluruh pelaksanaan kegiatan program kerja Kampus Mengajar didampingi oleh DPL dan juga dikoordinasikan bersama guru pamong. Kegiatan Kampus Mengajar ini dilaksanakan pada bulan Agustus – Desember 2023. Hasil pendampingan pelaksanaan program Kampus Mengajar tergolong baik sesuai dengan perencanaan program. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Program Kampus Mengajar baik untuk mahasiswa belajar dan berdampak bagi sekolah di UPTD SD Neger 57 Parepare.

Article Details

How to Cite
Mukhlisa, N., Hasan, K., Amran, M., Ali, L., & Usman. (2024). PENDAMPINGAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPTD SD NEGERI 57 PAREPARE . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 124–135. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1624
Section
Articles
Author Biographies

Nurul Mukhlisa, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Kamaruddin Hasan, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Muhammad Amran, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Lukman Ali, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Usman, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

References

Ainun, N., Asri, K., Agustina, Y., Fahmi, C. N., Suryawati, I., Ismulyati, S., ... & Sufriadi, D. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-31.

Amran, M., Muhammad Irfan, Muslimin, & Lukman Ali. (2024). PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD NEGERI 37 BARRU, KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 112–119. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.821

Anggraini, S. D., Pulungan, N. O., Dewi, S. E., & Wardani, H. (2023). Pendampingan Gerakan Literasi dan Numerasi di Sekolah Melalui Program Mahasiswa Pengabdi Kampus Mengajar di SD Swasta Al Ittihadiyah Kandangan Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(1), 12-17.

Anugrah, Tengku Muhamad Fajar. 2021. “Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19.” AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional

(3): 38–47.

Dwi Etika, Erdyna, Sevia Cindy Pratiwi, Dwike Megah Purnama Lenti, and Dina Rahma Al Maida. 2021. “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2.” Journal of Educational Integration and Development 1(4): 2021.

Etiyasningsih, Sundari, S., Sagiokta, W. I., & Anggraini, P. D. (2024). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1574

Fitriyani, N. N., Kusuma, R. M., Supriadi, Y. N., Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri Mengok 1. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 240-248.

Ginting Ria R., Ginting Egi V., Hasibuan R. J., and

Perangin-angin L. M. 2022. “Analisis Faktor Tidak

Meratanya Pendidikan Di Sdn 0704 Sungai

Korang.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3(4): 407–

Ismail, I., & Busa, Y. (2023). Melangkah bersama untuk pendidikan berkualitas melalui implementasi program kampus mengajar 5. Maspul Journal of Community Empowerment, 5(1), 40-51.

Kinanti Rejeki, S., & Pangesti, I. (2024). PELATIHAN GURU SMP UNTUK PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI PONDOK PESANTREN MODERN DAAR EL NAYL KECAMATAN SUKARAJA BOGOR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1515

Lindawati, R. (2022). Bakti untuk Negeri melalui Program Kampus Mengajar: Sharing Session. Jurnal Abdidas, 3(1), 176-180.

Manihuruk, O. M. P. J. B., & Hariyana, N. (2022). Peran program kampus mengajar dalam meningkatkan komptensi sdn sepatan III kabupaten tangerang. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 316-324.

Meilia, Amajida Triska, and Gery Erlangga. 2022.

“Aktualisasi Program Kampus Mengajar

Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap

Pendidikan Dasar Di Indonesia.” Jurnal

Pendidikan Ke-SD-an 17(2): 120–28.

Munirah. 2015. “Sistem Pendidikan Di Indonesia Antara Keinginan Dan Realita.” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2(2): 233–45.

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021, September). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 166-173).

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.

Rismauli, J et al. 2022. “Program Kampus Mengajar

Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi

Siswa Di SD 014 Kampung Baru.” Reka Karya …

(November): 201–6.

Satriawati, S., Denggo, D. C. R., Malingong, R., & Damayanti, A. A. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BACA MELALUI MEDIA KARTU BACA DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN PAGANDONGAN. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2387-2393.

Sufriadi, D., Agustina, Y. ., Zakaria, Z., & Hamid, A. . (2022). Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2492–2500. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.995

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam meningkatkan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi siswa melalui program kampus mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125-133.

Wulandari, T., Hasanah, R. U. ., & Fadillah, D. T. (2024). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa: Systematic Literature Review. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 350–359. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1525

Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161

Most read articles by the same author(s)