PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD NEGERI 37 BARRU, KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU
Main Article Content
Abstract
Kampus Mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas. Kampus Mengajar Angkatan 6 berujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga dapat menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan bantuan administrasi di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 6 di UPTD SD Ngeri 37 Barru Kecamatan Tenete Rilau Kabupaten Barru. Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 14 Agustus – 5 Desember 2023. Hasil dari kegiatan adalah program pendampingan telah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan yang diharapkan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Program Kampus Mengajar Angkatan 6 di UPTD SD Negeri 37 Barru Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan memberi dampak positif bagi mahasiswa dan siswa UPTD SD Negeri 37 Barru.
Article Details
References
Ainun, N., Asri, K., Agustina, Y., Fahmi, C. N., Suryawati, I., Ismulyati, S., ... & Sufriadi, D. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-31.
Anugrah, Tengku Muhamad Fajar. 2021. “Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19.” AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional 3(3): 38–47.
Dwi Etika, Erdyna, Sevia Cindy Pratiwi, Dwike Megah Purnama Lenti, and Dina Rahma Al Maida. 2021. “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2.” Journal of Educational Integration and Development 1(4): 2021.
Ginting Ria R., Ginting Egi V., Hasibuan R. J., and Perangin-angin L. M. 2022. “Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3(4): 407–16. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/778.
Hamna, Moh Fajrin, Muh. Khaerul Ummah BK, & Muliyani. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Membaca Menulis Menghitung pada Kelas 1 dan 2 yang Efektif di MIS DDI Teluk Bone Kec. Galang Kab. Tolitoli . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67–73. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.243
Meilia, Amajida Triska, and Gery Erlangga. 2022. “Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 17(2): 120–28.
Munirah. 2015. “Sistem Pendidikan Di Indonesia Antara Keinginan Dan Realita.” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2(2): 233–45.
Ramadhoni, S. R., & Maharani, R. (2023). Penerapan Konsep Building Learning Power untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 50-55.
Ramadhoni, S. R., & Ria Maharani. (2023). Penerapan Konsep Building Learning Power untuk Pendidikan Karakter . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.239
Riki, Rina, Dadi Akhmad Perdana, Julianti, M., Firdiyansyah, I., & Hendriati, Y. (2023). Pengembangan Kompetensi Dosen dengan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Learning Management System Untuk Meningkatkan Peran Dosen Dalam Mendorong Mahasiswa Untuk Belajar. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–111. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.253
Rismauli, J et al. 2022. “Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Di SD 014 Kampung Baru.” Reka Karya … 1(November): 201–6. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekakarya/article/view/7590%0Ahttps://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekakarya/article/download/7590/3158.
Rochmah, Erma Awalien. 2016. “PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN Erma Awalien Rochmah.” Ta’Allum 04(02): 277–92.
Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 609-613.
Sufriadi, D., Agustina, Y., Zakaria, Z., & Hamid, A. (2022). Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2492-2500.
Wahyudi, Lestari Eko et al. 2022. “Mengukur Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS) 1(1)