PELATIHAN PENGUATAN KAPASITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN KELOMPOK BERMAIN UNTUK PENANGANAN STUNTING ANAK USIA DINI DI KABUPATEN BARRU

Main Article Content

Usman Usman
Muhammad Amran
Ainun Najib Alfatih
Naufal Qadri Syarif
Iyan Iyan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Bermain se-Kabupaten Barru dalam menangani stunting melalui pendidikan usia dini. Pelatihan yang dilaksanakan mencakup sosialisasi, pembentukan kelompok pendamping, lokakarya, bimbingan teknis, serta evaluasi berkelanjutan. Metode yang digunakan menekankan pendekatan partisipatif, di mana para guru peserta secara aktif terlibat dalam pengembangan modul dan strategi pembelajaran yang mendukung upaya penanganan stunting di lingkungan sekolah masing-masing. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan guru terkait pencegahan stunting melalui edukasi gizi dan kesehatan anak usia dini. Sebanyak 85% peserta melaporkan peningkatan keterampilan dalam merancang modul pembelajaran yang lebih efektif, relevan, dan dapat diterapkan secara langsung. Modul yang dikembangkan oleh para guru juga telah diuji coba dan mendapatkan umpan balik positif untuk perbaikan lebih lanjut. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam mendukung program pencegahan stunting, dan diharapkan berdampak positif pada kualitas pendidikan serta kesehatan anak usia dini di Kabupaten Barru.

Article Details

How to Cite
Usman, U., Amran, M., Najib Alfatih, A. ., Qadri Syarif, N. ., & Iyan, I. (2024). PELATIHAN PENGUATAN KAPASITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN KELOMPOK BERMAIN UNTUK PENANGANAN STUNTING ANAK USIA DINI DI KABUPATEN BARRU. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 907–913. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2349
Section
Articles
Author Biographies

Usman Usman, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Muhammad Amran, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Ainun Najib Alfatih, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Naufal Qadri Syarif, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Iyan Iyan, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

References

Adawiyah, E. R., Kurniati, E., & Romadona, N. F. (2017). Efektivitas Pendidikan Gizi Melalui Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Anak Usia Dini. Edusentris, J Ilmu Pendidik Dan Pengajaran, 4(1), 46–58.

Archda, R., & Tumangger, J. (2019). Hulu-hilir penanggulangan stunting di Indonesia.

Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103–111.

Dini, J. P. A. U. (2022). Pembelajaran Kesehatan dan Gizi bagi Guru Taman Kanak-Kanak: Sebuah Penelitian Gabungan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6417–6428.

Mediatati, N., & Ismanto, B. (2015). Peningkatan kompetensi menyusun proposal penelitian tindakan kelas melalui model pelatihan partisipatif dengan pendampingan intensif bagi guru guru di SMP Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis 2015.

Nugroho, M. R., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stunting pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2269–2276.

Prawira, Y. A., & Nugraha, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Melalui Pelatihan Partisipatif Secara Daring Berbasis Heuristik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 307–316.

Sekriptini, A. Y., Sopiah, C., & Kisai, A. A. (2024). Inovasi Modul Edukasi Gizi AUD untuk Mencegah Stunting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 327–342.

Most read articles by the same author(s)