PENGAYAAN ASPEK KEAGAMAAN TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET OLEH REMAJA MASJID JAMIEK PAUH PASAR AMBACANG PADANG BERBASIS TIK

Main Article Content

Devi Syukri Azhari
Ashabul Fadhli
Usman Usman

Abstract

Penggunaan internet di kalangan remaja masjid semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Namun, pemanfaatan internet yang tidak terarah dapat menimbulkan dampak negatif, seperti penyalahgunaan waktu, paparan konten tidak mendidik, serta degradasi moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengayaan aspek keagamaan berbasis TIK yang dapat mengarahkan penggunaan internet oleh remaja Masjid Jamiek Pauh Pasar Ambacang Padang agar lebih bermanfaat dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah remaja masjid yang aktif dalam kegiatan keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengayaan aspek keagamaan berbasis TIK, seperti penggunaan aplikasi Al-Qur'an digital, platform kajian Islam daring, dan media sosial dakwah, dapat meningkatkan pemahaman agama dan menumbuhkan sikap kritis terhadap konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Selain itu, keterlibatan remaja dalam pelatihan pemanfaatan internet secara produktif dan islami juga berkontribusi pada penguatan akhlak dan sikap religius mereka. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pelatihan berbasis TIK yang terintegrasi dengan kegiatan masjid untuk mendukung pembentukan generasi muda yang religius dan cerdas teknologi

Article Details

How to Cite
Azhari, D. S., Fadhli, A., & Usman, U. (2024). PENGAYAAN ASPEK KEAGAMAAN TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET OLEH REMAJA MASJID JAMIEK PAUH PASAR AMBACANG PADANG BERBASIS TIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1322–1332. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i3.2721
Section
Articles
Author Biographies

Devi Syukri Azhari, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

Ashabul Fadhli, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

Usman Usman, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

References

Andini Sudirman, N., Putri Rahayu, A., Pattipeilohy, P., & Mutmainnah, I. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter pada Remaja Generasi Z dalam Mengelola Kondisi Emosional Character Education Management in Generation Z Teenagers in Managing Emotional Conditions. J Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1862–1873. https://doi.org/10.56338/jks.v4i8.1942

Azhari, D. S., Fadhli, A., & Usman. (2024). Membangun Karakter Kepemimpinan Berbasis Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW Pada Era Modern Di TPQ Masjid Nurul Ihsan Padang. ABDI UNISAP, 2(1), 72–78. https://doi.org/https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.247

Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Cyberspace, 1(2), 111–121. https://doi.org/10.1007/s11068-008-9037-4

Darwanto. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Mts Miftahul Ulum Sugih Waras. UNISAN JURNAL, 3(2), 741–749.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj, 4(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006

Irawan, A. D., Arifin, M. S., & Nurhidayati, T. (2024). Inovasi TIK Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(8), 1–7.

Lorenza, D., Bakar, A., Masyhur, L. S., & Saifullah. (2022). Menjaga Etika Beragama. NUSANTARA, 18(1), 22–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v18i1.18456

Nurchasanah, A. D., Sugiyat, & Sukari. (2021). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 43. https://doi.org/10.54090/aujpai.v1i1.11

Siregar, T., Wijaya, A., Rangkuti, A. N., & Nasution, M. (2024). Keterampilan dan Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. JISER, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Sriyanti, & Anita. (2022). Minat Para Remaja Dalam Mempelajari Agama di MT Ashabul Qur’an Kota Serang Banten. Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(2), 70–71. https://doi.org/https://doi.org/10.56338/iqra.v17i2.2473

Usman, Devi Syukri Azhari, & Ashabul Fadhli. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Rangka Membentuk Perilaku Jujur dan Bertanggung Jawab di Rumah Asuh Yabni Padang. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 109–116. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i3.366

Wahyuningratna, R. N., & Ayuningtyas, F. (2022). Edukasi Penggunaan Internet Dan Penerapan Etika Di Dunia Maya Oleh Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pasopati, 4(1), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/pasopati.2022.13174