PENGEMBANGAN KONSEP DIRI MELALUI TEORI JOHARI WINDOW PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MA’ARIF JAMBI

Main Article Content

Rizki Adiyatma
Sri Rahmah Ramadhoni
Teri Santera
Putri Rahmi Virani Lubis

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan konsep diri santri Pondok Pesantren Ma’arif Jambi melalui pendekatan Johari Window, sebuah teori psikologi yang menekankan pentingnya umpan balik dan pengungkapan diri dalam membangun kesadaran pribadi dan relasi interpersonal. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah masih rendahnya pemahaman santri terhadap potensi dan karakter diri mereka, yang berdampak pada kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, serta relasi sosial di lingkungan pesantren. Metode yang digunakan mencakup ceramah partisipatif, diskusi terbuka, latihan refleksi diri, dan pemberian umpan balik antar peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kesadaran diri, keterbukaan dalam komunikasi, serta keberanian santri untuk menerima masukan dan mengeksplorasi potensi yang belum tergali. Program ini tidak hanya memperkuat konsep diri santri, tetapi juga berkontribusi terhadap pembentukan karakter yang lebih matang dan siap menghadapi dinamika kehidupan sosial dan akademik. Pengabdian ini merekomendasikan integrasi pendekatan Johari Window dalam kegiatan pembinaan santri secara berkelanjutan di lingkungan pesantren.

Article Details

How to Cite
Adiyatma, R., Ramadhoni, S. R., Santera, T., & Virani Lubis, P. R. (2025). PENGEMBANGAN KONSEP DIRI MELALUI TEORI JOHARI WINDOW PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MA’ARIF JAMBI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 121–125. https://doi.org/10.32672/ampoen.v3i1.3533
Section
Articles
Author Biographies

Rizki Adiyatma, Institut Islam Ma’arif Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Institut Islam Ma’arif Jambi, Kota Jambi

Sri Rahmah Ramadhoni, Universitas Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Kota Jambi

Teri Santera, Institut Islam Ma’arif Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Institut Islam Ma’arif Jambi, Kota Jambi

Putri Rahmi Virani Lubis, Institut Islam Ma’arif Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Institut Islam Ma’arif Jambi, Kota Jambi

References

Burns, R. B. (1982). Self-concept development and education. London: Holt, Rinehart and Winston.

DeVito, J.A. (2015). The Interpersonal Communication Book (14th ed.). Boston: Pearson.

Burns, R. B. (1982). Self-concept development and education. London: Holt, Rinehart and Winston.

DeVito, J.A. (2015). The Interpersonal Communication Book (14th ed.). Boston: Pearson.

Hendriani, W. (2018). Penguatan karakter santri melalui pendekatan psikologi positif. Jurnal Psikologi Islam, 10(1), 65–75.

Jalaluddin. (2016). Psikologi Agama. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Luft, J., & Ingham, H. (2020). The Johari Window: A graphic model of interpersonal awareness.

Maharani, R., Anisyah, N., Ramadhoni, S. R., & Abimayu, R. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Pertama Baiturrahim Kota Jambi. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 4(2), 48–58.

Ramadhoni, S. R. (2018). Islamic Cognitive Restructuring dalam Menangani Konsep Diri Rendah Seorang Siswa Kelas VIII di SMP Khadijah Surabaya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(2), 146–159.

Ramadhoni, S. R., & Maharani, R. (2023). Penerapan Konsep Building Learning Power untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 50–55.

Rindia, S.K., Hidayani, S., & Maulidia, R. (2023). Gambaran Konsep Diri Siswa Kelas X Ditinjau dari Teori Johari Windows di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 286-290.

Santera, T., Ramadhoni, S. R., Lubis, P. R. V., & Adiyatma, R. (2024). PROGRAM PARENTING BAGI PERKEMBANGAN DAN KECERDASAN ANAK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–8.

Santrock, J. W. (2012). Educational Psychology (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Santrock, J, W. (2005). Adolescence. Eleven edition. Mac Graw hill. New York. P.