PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PTBK) BAGI GURU BK DI MGBK MTS TANJABBAR
Main Article Content
Abstract
Kebutuhan untuk pelatihan dan pengembangan, khususnya dalam penulisan dan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) menjadi penting untuk menciptakan guru BK yang kompeten dalam memberikan pelayanan berkualitas. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru BK dalam membuat PTBK. Metode yang digunakan adalah ceramah dan pelatihan pembuatan PTBK yang dilaksanakan secara daring. Hasil menunjukkan bahwa guru BK mengikuti penyampaian materi dengan baik, menunjukkan respon positif terhadap pelatihan yang diberikan. Fokus pelatihan ini berada pada pengembangan kompetensi guru bimbingan dan konseling serta peningkatan kemampuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Kurniawan, D. E., Perianto, E., Daniswari, H. P., Pranowo, T. A., & Setiowati, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Ptbk Dan Publikasi Jurnal Untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian Guru Bk Sma/Ma Kabupaten Bantul. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 1(1).
Lisnawita, L., Asril, E., & Muzdalifah, I. (2024). Mendeley-Assisted PTK Writing Assistance for Teachers of SMKN 1 Mempura Siak. Dinamisia, 8(5), 1576–1590.
Nurkanti, M., Halimah, M., & Nurdiani, N. (2016). Portraying Teachers’ Academic Writing Ability as the First Step to Sustainable Teachers’ Professionalism Development. 2(1), 1409–1414.
Rachmawati Rachmawati, Nadia Aulia Nadhirah, & Nandang Budiman. (2023). Perspektif Guru Mata Pelajaran Terhadap Profile Profesi Guru BK Dikaitkan Dengan Kaidah Etik BK. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 197–208. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.308
Ramadhoni, S. R., Apriliana, D. A., & Jannah, M. (2024). Supervisi Bimbingan dan Konseling Sebagai Penunjang Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 5(2), 9–17.
Ramadhoni, S. R., & Maharani, R. (2023). Penerapan Konsep Building Learning Power untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 50–55.
Ramadhoni, S. R., Wahyuni, H., Zubaidah, Z., Handoko, Y., & Soleha, S. N. (2024). Career Adaptability Among FTTE Students at Jambi University. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 11(2), 199–204.
Santera, T., Ramadhoni, S. R., Lubis, P. R. V., & Adiyatma, R. (2024). PROGRAM PARENTING BAGI PERKEMBANGAN DAN KECERDASAN ANAK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–8.
Sitorus, S. H., Ngayomi, S., Wastuti, Y., & Astuti, S. (2025). COUNSELLING ACTION RESEARCH (PTBK): IMPROVING SOCIAL RELATIONSHIPS THROUGH CLASSICAL SERVICES WITH A PROBLEM-BASED LEARNING APPROACH FOR STUDENTS IN CLASS XI F3 (Vol. 5).
Sri, S. R., Santera, T., Maharani, R., Nopita, D., Mulyani, M. R., & Mutmainnah, K. A. (2024). Faktor-Faktor Internal Penghambat Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Dan Konseling. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31–37.
Bifuh-Ambe, E. (2013). Developing successful writing teachers: Outcomes of professional development exploring teachers’ perceptions of themselves as writers and writing teachers and their students’ attitudes and abilities to write across the curriculum. English Teaching-Practice and Critique, 12(3), 137–156. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1017206.pdf
Witjaksono, A. D., Wijayati, D. T., Iriani, S. S., Hartono, U., & Rozaq, K. (2022). Peningkatan Kualitas Guru SMK Kabupaten Nganjuk Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah. Abimanyu: Journal of Community Engagement. https://doi.org/10.26740/abi.v3n2.p1-15