PROGRAM PARENTING BAGI PERKEMBANGAN DAN KECERDASAN ANAK
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan mengetahuan dan pemahaman akan pentingnya tahap perkembangan dan kecerdasan pada anak melalui program parenting. Kegiatan ini merupakan program yang ditujukan kepada keluarga atau orang tua dan guru pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilaksanakan di Balai Desa Sarang Burung Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan PKM diisi dengan program parenting pada keluarga siswa bersama guru tentang perkembangan dan kecerdasan anak, dimana keluarga dalam hal ini orang tua dan guru dibekali pemahaman yang sama tentang tahap tumbuh kembang anak sesuai usianya serta pelatihan dalam mendamping anak dalam tahap perkembangan dan kecerdasannya. Melalui program parenting diharapkan menciptakan kesepahaman guru dan keluargaan untuk mengembangkan sembilan kecerdasan anak, sehingga orang tua benar-benar menjadi mitra bagi guru untuk menciptakan generasi hebat, mandiri, kreatif dan berakhlak.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amelia & Sri Sumarni. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 171–180.
Anis Sahara, Rahmat Hidayat, E. G. M. (2020). PERAN ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Fuad, M. (2012). Teori Kecerdasan, Pendidikan Anak, Dan Komunikasi Dalam Keluarga. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.24090/komunika.v6i1.337
Hamzah, N. (2020). Anak Usia Dini. IAIN PONTIANAK PRESS.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Juniarti, Y., & Nurlaeni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud
Junita, E. N., & Anhusadar, L. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11002%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/download/11002/6286
Ramadhoni, S. R., & R. M. (2023). PENERAPAN KONSEP BUILDING LEARNING POWER UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Rohayati, T. (2013). Titing Rohayati : Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 131–137.
Santera, T., Neviyarni, N., & Afdal, A. (2021). The Contribution of Self-Confidence and Emotional Intelligence Toward Students’ Interpersonal Communication Anxiety and their Implications In Counseling and Counseling Services. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 67–72. https://doi.org/10.24036/005398ijaccs
Tari Puspita, R. F. (2021). No Title. (JPP) Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang, Vol. 16, N(eISSN 2654-3427).
Wijayanto, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4, 1:23.