PEMBERDAYAAN SANTRI SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MEWUJUDKAN PESANTREN BEBAS BULLYING DI DARUL ARIFIN JAMBI

Main Article Content

Teri Santera
Sri Rahmah Ramadhoni
Rizki Adiyatma
Putri Rahmi Virani Lubis

Abstract

Bullying di lingkungan pesantren merupakan persoalan serius yang berdampak pada kesehatan mental, sosial, dan spiritual santri. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan santri sebagai agen perubahan dalam mencegah dan menangani perilaku bullying secara partisipatif dan berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Arifin Jambi melalui empat tahapan, yaitu: identifikasi kebutuhan, pelatihan, pembentukan agen perubahan, dan pendampingan. Metode yang digunakan berbasis pendekatan partisipatif dengan pelatihan interaktif, peer counseling, dan evaluasi pre-post test. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman bullying sebesar 54% dari skor awal, terbentuknya 12 agen perubahan aktif, serta munculnya inisiatif mandiri santri dalam membuat media edukatif anti-bullying. Program ini membuktikan bahwa pemberdayaan santri berbasis nilai-nilai pesantren efektif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan suportif.

Article Details

How to Cite
Santera, T., Ramadhoni, S. R., Adiyatma, R., & Virani Lubis, P. R. (2025). PEMBERDAYAAN SANTRI SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MEWUJUDKAN PESANTREN BEBAS BULLYING DI DARUL ARIFIN JAMBI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 114–120. https://doi.org/10.32672/ampoen.v3i1.3532
Section
Articles
Author Biographies

Teri Santera, Institut Islam Ma’arif Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Institut Islam Ma’arif Jambi, Kota Jambi

Sri Rahmah Ramadhoni, Universitas Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Kota Jambi

Rizki Adiyatma, Institut Islam Ma’arif Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Institut Islam Ma’arif Jambi, Kota Jambi

Putri Rahmi Virani Lubis, Institut Islam Ma’arif Jambi

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Institut Islam Ma’arif Jambi, Kota Jambi

References

Aini, K., & Rini, H. P. (2023). Program Pelatihan Empati Sebagai Strategi Mengurangi Perilaku Bullying pada Remaja. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2667–2684. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.588

Astriani, D., Purwaningrum, D., Lestari, A. A., & Alfreda, A. Z. (2023). Upaya Preventif Perilaku Bullying Melalui Pelatihan Empati Pada Santri Pondok Pesantren Bustanul Muta’Alimin Kota Blitar. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1270–1276. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i11.1729

Azizah Asmaul Fauzi, R. H. (2024). Upaya Tenaga Pendidik Dalam Mencegah Bullying Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang. 1(11), 908–915.

Delina, L., Puji Rahayu, E., Huda, N., Tobing Lukiyono, Y., Staqif Taufiqurrahman, A., Nihazzatuzzain, Sangga Bekti Tri Wulandari, Miftah Ramadhan Purwoko, Ayu Pramudya Nirmala, & Retno Diah Putri Ekayanti. (2023). Pendampingan Kader dalam Sosialisasi Stop Bullying pada Santri di Pondok Pesantren Putri Wahid Hasyim Bangil. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 91–96. https://doi.org/10.33379/tepiswiring.v2i1.1958

Dewi, P. F. S. (2023). Pelatihan Empati Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Pelaku Bullying Siswa Smp. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1), 51–62. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol15.iss1.art5

HANDOKO, Y., Ramadhoni, S. R., & Fitriana, F. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi dan Kepuasan Kerja. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 9081–9090.

Isnawati, I. A., & Yunita, R. (2022). Pengaruh Mentoring Peer Group terhadap Perilaku Verbal Bullying di Pondok Pesantren. Jurnal Keperawatan, 20(4), 103–110. https://doi.org/10.35874/jkp.v20i4.1109

Isnawati, & Rizka, Y. (2024). Pemberdayaan Santri Melalui Pojok Konseling Dalam Pencegahan Bullying Di Pondok Pesantren. 3(4), 201–204.

Putra, A., Deliani, N., Thaheransyah, T., Prasetya, B., & Jelisa, S. K. (2022). Kolaborasi Pimpinan Pondok Pesantren dan Guru BK Dalam Mengatasi Kasus Bullying Di Kalangan Santri (Studi Pada Ponpes Perkampungan Minangkabau Padang). Al Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 13(2), 9–21.

Rahmah, S., Santera, T., Maharani, R., & Nopita, D. (2024). Faktor-Faktor Internal Penghambat Pelaksanaan Supervisi. 5(1), 31–37.

Ramadhoni, S. R., Adiyatma, R., Santera, T., & Lubis, P. R. V. (2025). PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PTBK) BAGI GURU BK DI MGBK MTS TANJABBAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 103–107.

Ramadhoni, S. R., & Kalsum, U. (2018). Strength Based Counseling: Sebuah Pendekatan Inovatif Bagi Konselor Sekolah. International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 243–253.

Santera, T., Neviyarni, N., & Afdal, A. (2021). The Contribution of Self-Confidence and Emotional Intelligence Toward Students’ Interpersonal Communication Anxiety and their Implications In Counseling and Counseling Services. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 67–72. https://doi.org/10.24036/005398ijaccs

Teri Santera, Sri Rahmah Ramadhoni, Putri Rahmi Virani Lubis, & R. A. (2024). PROGRAM PARENTING BAGI PERKEMBANGAN DAN KECERDASAN ANAK. 2(1).

Ulum, A. B. (2024). Strategi Pemberdayaan Organisasi Kepengurusan Santri di Pondok Pesantren Sebagai Pilar Pendidikan. Jurnal Pengabdian Inovatif Masyarakat, 1(1), 48–50.