Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Pelestarian Makhluk Hidup

Main Article Content

Evi Apriana
Nurlena Andalia
Anita Noviyanti
Erdi Surya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pengembangan   model   pembelajaran   inkuiri   berbasis   sikap   ilmiah   pada   pembelajaran pelestarian makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Kualitatif (Qualitative Research), dilakukan analisis pengembangan yang berhubungan dengan isu-isu lingkungan Aceh. Dari analisis pengembangan ini diperoleh hasil bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis sikap ilmiah pada pembelajaran pelestarian makhluk hidup dapat diterapkan melalui kegiatan pembelajaran yang mengkaji permasalahan pelestarian makhluk hidup dan lingkungan Aceh; pembelajaran yang efektif, terintegrasi dalam pembelajaran dan kegiatan lapangan yang dapat memperjelas pembelajaran di kelas; menekankan pada kemampuan pengetahuan dan keterampilan agar siswa peduli terhadap pelestarian makhluk hidup dan lingkungan Aceh; mengembangkan aktivitas inkuiri dan aktivitas sikap ilmiah secara nyata; menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Materi pembelajaran pelestarian makhluk hidup dapat diintegrasikan dengan sasaran, prinsip, dan metode dalam model pembelajaran inkuiri berbasis sikap ilmiah (pengembangan silabus inkuiri berbasis sikap ilmiah, bahan ajar, lembar kegiatan siswa (LKS), tes pelestarian makhluk hidup, dan skala sikap).

Article Details

How to Cite
Evi Apriana, Nurlena Andalia, Anita Noviyanti, & Erdi Surya. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Pelestarian Makhluk Hidup. Jurnal Serambi Ilmu, 25(1), 54–68. https://doi.org/10.32672/jsi.v25i1.993
Section
Articles