PENGEMBANGAN KINERJA PERGURUAN TINGGI MELALUI MANAJEMEN BERBASIS INSTITUSI (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDikti 13 Aceh)
Main Article Content
Abstract
Pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran
strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan
serta teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta
pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan. Oleh sebab itu
peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi merupakan sesuatu yang tidak bisa
diabaikan dan mendesak untuk segera dilakukan dengan jalan merubah subsistem yang
sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik, GuG (Good
University Governance). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh
profil kepemimpinan PTS yaitu kompetensi individu, gaya kepemimpinan demokratis,
lingkungan yang sinergis dan komitmen pimpinan PT terhadap tata kelola
pengembangan Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Penelitian ini menggabungkan dua
metode penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan teknik wawancara, kuisioner dan survey. Subyek sampel penelitian ini
para Rector dan Pembantu Rector Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Aceh.
Pada Studi awal penelitian ini, subjek sampelnya berjumlah 10 pimpinan, terdiri dari
dua Universitas, dua Sekolah Tinggi dan satu Akademi. Instrumen yang digunakan
adalah borang penilaian Pimpinan Perguruan Tinggi, serta instrument penelitian
Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berdasarkan prinsip-prinsip GuG. Semua
instrument penelitian dan borang penilaian melalui tahapan validasi dan reliabilitas.
Hasil temuan dalam studi awal ini adalah tingkat keterpakaian borang sekitar 94%, dan pengaruh Profil kepemimpinan PTS terhadap Kinerja PTS bidang akademik sekitar
59,3% dan bidang non akademik sekitar 59,1%.