Analisis Materi Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal dan Semangat Intrepreneurship Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana hubungan materi pembelajaran
kewirausahaan terhadap semangat kewirausahaan siswa. Di samping itu,
penelitian ini juga bertujuan untuk kendala-kendala yang dihadapi guru dalam
meningkatkan semangat interpreneurship siswa pada tingkat SMP Negeri Kota
Banda Aceh. Untuk memperoleh hasil yang maksimal penelitian ini
menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur kualitas materi pembelajaran
dan pengaruhnya terhadap semangat siswa setelah mengikuti pelajaran dengan
menggunaka skala likert. Sedangkan pendekatan kualitattif digunakan untuk
menemukan data-data yang akurat, tentang kendala-kendala yang dihadapi
dalam meningkatkan semangat kewirausahaan pada siswa. Mengingat jumlah
populasi cukup banyak, maka data diambil dari 6 SMP negeri saja dengan total
populasi 1400 orang, sampel diambil menggunakan sistem teknik cluster dan
purposive sampling. sesuai dengan rumus yang ditentukan maka jumlah
sumber data siswa 149 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat
pengaruh signifikan pembelajaran materi kewirausahaan dengan semangat
inteprineurship siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh dengan kualitas materi
katagori baik. Kendala utama yang dihadapi adalah minimnya waktu untuk
pembelajaran kewirausahaan, Perlu ada kejelasan materi pembelajaran dan