Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Sekolah Adiwiyata Di SDN Serang 11

Authors

  • Devi Fitri Handayani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Sofy Maharani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Viola Al Hilalliyah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Firman Robiansyah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Keywords:

peduli lingkungan, pendidikan karakter, sekolah adiwiyata

Abstract

Kurangnya publikasi terkait pengaruh program Adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan masih sangat kecil di masyakarat. Padahal dalam kenyataan dengan adanya program Adiwiyata yang sebenarnya dapat berperan dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pelaksanaan program sekolah adiwiyata di SDN Serang 1, mengetahui implikasi program sekolah adiwiyata terhadap pembinaan peduli lingkungan siswa di SDN Serang 11 serta untuk mendeskripsikan bagaimana karakter peduli lingkungan siswa Sekolah Dasar Negeri Serang 11 yang merupakan salah satu sekolah yang memiliki program sekolah adiwiyata di kota Serang. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, wali kelas dan warga sekolah lainnya di Sekolah Dasar Negeri Serang 11. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan wawancara. Dengan angket yang mencakup empat indikator seperti, penghematan energi, pengelolaan sampah, pemanfaatan air, dan peduli lingkungan sekitar. Dengan demikian, hasil dari penelitian bisa disimpulkan bahwa siswa pada sekolah adiwiyata Sekolah Dasar Negeri Serang 11 rata-rata memiliki karakter peduli lingkungan yang tinggi.

Downloads

Published

2024-01-29