Ko-Kurikuler Sebagai Wahana Membentuk Soft Skill Mahasiswa Program Magang
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang program ko-kurikuler Olahraga beregu maupun individu sebagai wahana dalam penguatan Soft Skill mahasiswa peserta magang, sehingga diperoleh konsep dan strategi membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional, sehat jasmani dan rohani untuk menghadapi era revolusi 4.0. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket Social Skill Improvement System Rating Scale atau SSIS-RS. Sampel penelitian diperoleh dari 165 mahasiswa magang. Pada ko-kurikuler olahraga beregu mahasiswa magang di Industri menunjukkan kontribusi terbesar dan baik (2.98) dalam membentuk keterampilan sosial mahasiswa, disusul ko-kurikuler olahraga individu mahasiswa magang di Kampus (2.84), kemudian ko-kurikuler olahraga Individu mahasiswa magang di Industri (2.70), dan terakhir ko-kurikuler olahraga beregu mahasiswa magang di Kampus (2.62). Ranking ketercapaian dimensi keterampilan sosial yang tertinggi ditunjukkan oleh dimensi Empati pada Ko-Kurikuler olahraga Beregu magang di Industri sebesar 3.11 dan terendah adalah Ketegasan pada Ko-Kurikuler olahraga Beregu magang di Kampus sebesar 2.39. Program ko-kurikuler olahraga memberikan solusi untuk membentuk keterampilan sosial mahasiswa magang.