Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Pembelajaran Berbasis Digital di SMP Negeri Banda Aceh

Main Article Content

Syarifah Nargis
Niswanto
RM.Bambang, S
Nurul Akmal
Ibrahim

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini untuk menganalisis gaya kepemimpinana kepala sekolah, motivasi dalam kinerja guru dengan cara pemberian  dukungan, penghargaan dan imbalan bahkan sangsi yang tepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Cara untuk mendapatkan data adalah menggunakan pengamatan, lembaran wawancara terstruktur serta dokumentasi, analisis data dengan cara proses  mereduksi data, menyajikan data serta membuat kesimpulan. Langkah yang dijalankan untuk menetukan kevalidan data maka diperlukan pengamatan yang berkelanjutan, triangulasi, grup diskusi, telaah kasus negatif dan referensi memadai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kepemimpinan kepala sekolah dengan cara demokratis dan gaya orientasi karyawan.  Bentuk komunikasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan guru bersifat mengayomi bawahan, bukan hanya untuk menejerial administarsi sekolah, Komunikasi yang terjalin hanya bersifat motivasi, mengajak, menugaskan dan menasehati untuk membina para guru di SMP Negeri 14  agar dapat lebih meningkatkan kinerja guru. Akan tetapi komunikasi sosial antara guru dengan siswa, secara formal berjalan cukup baik, ada interaksi bertegur dalam hubungan kinerja baik atasan dengan bawahan. Penghargaan dari pihak atasan dalam bentuk kata- sanjungan atau pujian atau apresiasi dalam bentuk lain tetap disiapkan secara berkelanjutan. Dalam hal motivasi guru dari kepala sekolah terlaksana dengan baik atau signifikan terutama guru-guru yang melaksanakan proses belajar mengajar berbasis digital untuk level SMP.

Article Details

How to Cite
Syarifah Nargis, Niswanto, RM.Bambang, S, Nurul Akmal, & Ibrahim. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Pembelajaran Berbasis Digital di SMP Negeri Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 24(2), 77–87. https://doi.org/10.32672/jsi.v24i2.897
Section
Articles