PENDIDIKAN ESTETIKA DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH

Main Article Content

Sitti Hasnidar

Abstract

Kerusakan lingkungan  tidak bisa dihindari, tetapi dapat diperlambat. Upaya untuk menghambat perlu dilakukan melalui pendidikan  yaitu dengan cara menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga  kelestarian  lingkungan, mengubah kebiasaan yang kurang  atau belum baik menjadi kebiasaan baru yang lebih baik, lebih peduli dan berpihak pada kelestarian lingkungan. Hal itu dapat ditempuh melalui integrasi pendidikan nilai karakter yang dapat menumbuhkan kesadaran lingkungan dalam mata pelajaran. Untuk mengubah pengetahuan, sikap dan perilaku menjadi lebih baik dapat dilakukan dengan penguatan pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perasaan, kesadaran dan perilaku keindahan peserta didik terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini melibatkan peserta didik dari SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 12 orang yang menjadi situs penelitian. Pengumpulan  data  dilakukan melalui teknik  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya memperlihatkan, bahwa: (1) perasaan keindahan peserta didik terhadap lingkungan sekolah dapat dilihat dari kepekaan mereka pada saat memandang lingkungan sekolahnya, (2) kesadaran keindahan peserta didik terhadap lingkungan sekolah dapat dilihat dari reflektisitas mereka pada saat melihat atau merasakan keindahan lingkungan sekolahnya,  (3)  perilaku keindahan peserta didik terhadap lingkungan  sekolah dapat dilihat dari perilaku mereka pada saat memandang atau merasakan kondisi lingkungan sekolah yang tidak sesuai dengan keindahan lingkungan.

Article Details

How to Cite
Sitti Hasnidar. (2024). PENDIDIKAN ESTETIKA DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97–119. https://doi.org/10.32672/jsi.v20i1.887
Section
Articles