MODEL PENGEMBANGAN PROGRAM BAHASA INGGRIS INDOOR AND OUTDOOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara deskriptif dan holistik tentang model pembelajaran Bahasa Inggris indoor dan outdoor untuk meningkatkan prestasi siswa secara menyeluruh. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan penelitian dan pengembangan, yaitu penelitian ditindak lanjuti dengan program pengembangan dengan tujuan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kondisi obyek yang diteliti. Sampel penelitian ini terdiri dari dua SMA unggul, masing-masing di Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Untuk menghasilkan model pembelajaran Bahasa Inggris indoor and outdoor di SMA unggul di Aceh Besar dan Banda Aceh dilakukan langkah-langkah sistimatis dalam bentuk proses aksi, refleksi, evaluasi, dan inovasi. Metode yang dipakai adalah observasi langsung, pengembangan, dan evaluasi. Kredibilitas data dicek dengan trianggulasi, pengecekan anggota, diskusi teman sejawat, dan pengecekan kecukupan referensi, sedangkan dependebilitas dan konfirmabilitas dicapai melalui pengauditan oleh para pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sangat pro aktif dalam meningkatkan prestasi guru dan siswa khususnya dalam penguasaan Bahasa Inggris, kedua sekolah menerapkan sistim pembelajaran bahasa Inggris yang sangat variatif, Guru Bahasa Inggris melaksanakan pembelajaran di dalam kelas untuk pengkajian materi/teori, sedangkan yang bersifat praktek mereka lebih cendrung mengajak siswanya untuk melakukan pembelajaran di luar kelas.