PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK PESAWAT SEDERHANA
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika dengan manfaaat untuk mendapatkan teori baru dan dapat dijadikan referensi. Kajian ini memakai metode PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaannya di SMP Negeri 3 Meulaboh dalam kurun waktu 3 bulan. Subjek penelitiannya yaitu siswa Kelas VIII/2 berjumlah 32 orang data PTK ini dari siswa, hasil belajar siswa, observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Data divalidasikan dan diferifikasi dengan mencantumkan dalam daftar nilai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatitif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan siswa setiap tatap muka. Analisis dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Sebagai indikator keberhasilan dalam tindakan ini meningkatkan Hasil Belajar Siswa sebanyak pada siklus pertama 61,90% dan nilai rata- rata 73,57 hingga pada siklus kedua mencapai persentase 80,95 % dan nilai Rata – rata 83,09. PTK ini dilakukan dengan prosedur pelaksanaan 2 siklus dengan pererencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kajian teori tentang pembelajaran Fisika dan variabel penindak melalui Model Pembelajaran Kooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualzation). Hasil penelitian menununjukan peningkatan hasil belajar siswa dari 61,90% pada Siklus 1 meningkat menjadi 44% pada pertemuan 2. Dan juga pada siklus 2 juga terjadi peningkatan yakni 64% pada pertemuan 1 meningkat menjadi 80,95% pada siklus kedua, dikatagorikan baik pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualzation) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII/2 SMP Negeri 3 Meulaboh Tahun Ajaran 2015/2016.