MENINGKATKAN KINERJA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY PADA SMA
Main Article Content
Abstract
Meningkatkan kemampuan guru Bahasa Indonesia dalam menerapkan model pembelajaran Lesson Study, sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, kreativitas siswa dan hasil belajar. Orientasi pembelajaran Lesson Study di sekolah adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru mata pelajaran yang bertujuan memecahkan permasalahan yang timbul. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act). Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Tujuan dari evaluasi ini untuk mengukur sejauh mana pengaruh lesson study terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisis indikator-indikator lesson study dan indikator-indikator kinerja guru. Manfaat yang dapat diambil diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat meningkatkan kinerjanya, (4) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Kegiatan ini terdiri atas 3 orang guru Bahasa Indonesia pada SMA Negeri 1 Makmur Kabupaten Bireuen yang dalam penilaian kinerja guru tahun 2016 belum mencapai kategori baik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% dari subjek penelitian memiliki nilai kinerja baik atau amat baik. Dengan demikian disimpulkan kinerja guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Makmur Kabupaten dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui Lesson Study.