UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG EKSPERIMEN VIRTUAL KIMIA SEDERHANA DENGAN MICROSOFT POWER POINT MELALUI WORKSHOP MGMP KIMIA SMA BINAAN DI KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH TAHUN 2016
Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan agar Guru-guru SMA binaan penulis dalam Wilayah Kabupaten Pidie memiliki kemampuan dalam merancang model eksperimen virtual kimia sederhana. Delapan kompetensi yang berkaitan dengan rancangan model eksperimen virtual kimia sederhana dengan menggunakan Microsoft Power Point telah penulis latih melalui Workshop MGMP Kimia Kabupaten Pidie tahun 2016. Untuk mengetahui keberhasilan tindakan yang dilakukan, penulis melakukan observasi selama workshop berlangsung dalam tiap siklus. Yang menjadi subjek Penelitian ini adalah 57 Guru Kimia yang berasal dari 22 SMA termasuk 4 SMA binaan di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Sedangkan yang menjadi objek Penelitian adalah Kemampuan guru dalam merancang model eksperimen virtual kimia sederhana dengan menggunakan Power Point. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif. Hasil analisis data selama guru mengikuti workshop menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus I dan siklus II. Dengan menetapkan kriteria minimal 85,0% guru secara klasikal telah mencapai tingkat penguasaan minimal 75,0% secara individual dalam penguasaan 8 kompetensi yang dilatih pada workshop MGMP, selama siklus I jumlah guru yang tuntas mencapai 60,3% dan pada siklus II meningkat menjadi seluruh guru (100%) tuntas. Hasil ini telah memberi jawaban bahwa kemampuan guru dalam merancang model eksperimen virtual kimia sederhana dengan menggunakan Power Point dapat ditingkatkan melalui workshop MGMP kimia SMA Kabupaten Pidie tahun 2016.