Penanaman Nilai Agama Moral (NAM) Anak Usia Dini Melalui Morning Activity Di Ra Al-Mukarramah Tumbubara
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran proses penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui kegiatan Morning Activity di RA Al-Mukarramah Tumbubara, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, di mana informan ditentukan melalui teknik purposive sampling yang melibatkan wali kelas B, kepala sekolah, dan guru kelas, sedangkan data dikumpulkan melalui lembar observasi terhadap aktivitas anak, wawancara mendalam untuk menggali strategi guru, serta dokumentasi berupa catatan dan foto kegiatan, dan hasil penelitian mengungkapkan bahwa penanaman nilai agama dan moral dilaksanakan melalui tiga pendekatan utama yaitu rutinitas Morning Activity seperti berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, mengunakan bahasa daerah dengan sopan ke guru maupun teman sebayanya, menghormati guru dan orang yang lebih tua, terbiasa menunggu atrian, menunjukkan perbuatn-perbuatan benar dan salah. keteladanan guru dalam perilaku sehari-hari, serta Morning Affirmation / Kalimat Positif Pagi berupa pujian dan motivasi, di mana proses penanamn nilai agama moral anak berlangsung efektif karena dilakukan secara konsisten dan disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa guru sudah mampu menanamkan nilai agama moral anak melalui morning activity secara optimal.
Kata Kunci: Penanaman, Nilai Agama Moral, AUD, Morning Activity.