Peran Konselor Sekolah Dalam Mereduksi Stres Akademik Pada Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran konselor sekolah dalam mereduksi stres akademik pada siswa di SMA Negeri 4 Palopo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari konselor sekolah sebagai informan utama dan satu guru BK pendukung sebagai triangulasi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konselor sekolah berperan penting dalam memberikan dukungan emosional, menerapkan strategi konseling individu dan kelompok, serta mengajarkan teknik manajemen stres kepada siswa. Konselor juga melakukan evaluasi berkala dan membangun kolaborasi dengan guru dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang suportif. Peran aktif konselor terbukti mampu menurunkan tingkat stres akademik, meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa, dan mendorong perilaku yang lebih adaptif dalam menghadapi tantangan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan peran konselor sekolah sebagai langkah preventif dan intervensional terhadap stres akademik siswa.