Analisis Model Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Fanita Rosliany Sigiro
Ulfa Nurhayani
Ramdhansyah
Roza Thohiri
Tuti Sriwedari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMKN 1 Pantai Cermin melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Pantai Cermin dengan subjek siswa kelas XI AKL 1 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar, dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa 17 siswa (53,13%) termasuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II, jumlah siswa dalam kategori tersebut meningkat menjadi 29 siswa (90,63%), yang telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Rata-rata nilai pre-test adalah 56,25 dengan 8 siswa (25%) tuntas, sedangkan post-test siklus I menunjukkan rata-rata 74,38 dengan 19 siswa (59,38%) tuntas. Post-test II mencapai rata-rata 92,81 dengan 30 siswa (93,75%) tuntas, juga memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Pantai Cermin.

Article Details

How to Cite
Sigiro, F. R., Nurhayani, U., Ramdhansyah, Thohiri, R., & Sriwedari, T. (2025). Analisis Model Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Serambi Ilmu, 26(2), 334–346. https://doi.org/10.32672/jsi.v26i2.3526
Section
Articles