Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi

Main Article Content

Nadya Zafira Nasution
Choms Gary Ganda Tua Sibarani
Andri Zainal
Tuti Sriwedari
Haryani Pratiwi Sitompul

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar 34 orang siswa kelas X AKL 2 SMKN 13 Medan melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengamatan keaktifan belajar siswa terdapat 20 orang siswa (59,82%) pada siklus I masuk dalam kategori aktif, mengalami peningkatan signifikan menjadi 29 orang siswa (85,29%) pada siklus II, dan melebihi indikator keberhasilan ≥75%. Kemudian pada hasil belajar, nilai rata-rata pre-test sebesar 59,91 dengan 7 orang siswa tuntas (20,59%), meningkat menjadi 73,55 pada post-test siklus I dengan 16 orang siswa tuntas (47,06%), dan mencapai 87,44 pada post-test siklus II dengan seluruh siswa (100%) tuntas, dan melampaui indikator ≥80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning berbantuan Quizizz berhasil dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa akuntansi.

Article Details

How to Cite
Zafira Nasution, N., Sibarani, C. G. G. T. ., Zainal, A., Sriwedari, T., & Sitompul, H. P. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Serambi Ilmu, 26(2), 371–379. https://doi.org/10.32672/jsi.v26i2.3520
Section
Articles