Pengaruh Model Pembelajaran Flipped classroom Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped classroom berbantuan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL di SMK Negeri 13 Medan, dibandingkan dengan model Teacher Centered Learning. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X AKL tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 68 orang, dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data meliputi perhitungan rata-rata, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi (85,74) dibandingkan kelas kontrol (62,35). Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kesimpulannya, penggunaan model Flipped classroom berbantuan Kahoot secara signifikan meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa dibandingkan dengan model Teacher Centered Learning.