Pengaruh Kompetensi Guru, Penggunaan Internet, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Unggulan Al-Jadid Waru Sidoarjo
Main Article Content
Abstract
Kondisi pendidikan Indonesia saat ini cukup memprihatinkan yang ditandai dengan menurunnya mutu pendidikan. Menurunnya kualitas pendidikan akan berdampak pada kualitas lulusan yang pada akhirnya berakibat pada rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia. Berdasarkan data Susenas 2023, tingkat penyelesaian pendidikan nasional untuk jenjang pendidikan SD/sederajat adalah sebesar 97,83 persen. Sementara itu, tingkat penyelesaian untuk jenjang pendidikan menengah pertama (SMP) adalah 90,44 persen, hal ini menujukkan adanya penurunan persentase lulusan dari jenjang SD ke SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta mengetahui pengaruh kompetensi guru, penggunaan internet, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MTs Unggulan Al- Jadid Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 116 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian diuji untuk validitas dan reliabilitas, serta data dianalisis menggunakan regresi linear dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua dari ketiga variabel, yaitu kompetensi guru dan motivasi belajar, memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan satu variabel lainnya, yakni penggunaan internet, memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dalam pengembangan kebijakan pendidikan yang mendukung peningkatan hasil belajar melalui peningkatan kompetensi guru, pemanfaatan teknologi, dan peningkatan motivasi belajar.