Strategi Pembelajaran Sastra Aceh Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran Sastra Aceh berbasis proyek (PBL) dalam meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Aceh di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa melalui proyek-proyek seperti penulisan hikayat, pembuatan antologi puisi, dan digitalisasi naskah sastra Aceh. Selain itu, PBL juga mendorong mahasiswa untuk berkolaborasi, berpikir kritis, dan terlibat langsung dalam pelestarian budaya lokal. Temuan ini relevan dengan kebijakan Pemerintah Aceh yang mengamanatkan pelestarian bahasa dan sastra Aceh melalui pendidikan formal.