Peran Guru Dalam Menerapkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Fitriani Afifuddin
Irhamna
Badratun Nafis
Monadia Liiman

Abstract

Peran guru dalam merencanakn dan menerapkan kegiatan belajar mengajar dalam menumbuhkan pembiasaan kemandirian pada anak usia dini si PAUD Sayang Aneuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam pembiasaan kemandirian pada anak. Kemandirian merupakan nilai yang harus dimiliki anak untuk bekal kehidupan masa yang akan datang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yaitu mengumpulan data,mereduksi data, menyajian data, dan menarik kesimpulan. Responden penelitian terdiri dari 7 orang guru yang mengajar dikelas. Kesimpulan menunjukkan bahwa guru lebih membiarkan anak untuk mandiri dalam melakukan sesuatu dan bantu oleh penanaman pilar karakter dengan bentuk buku pilar dan memberikan kegiatan yang dapat dilakukan sendiri dan mandiri oleh anak. Kesimpulan dari penelitian berupa Gambaran dan kegiatan kemandirian anak usia dini yang ringan dari masuk hingga pulang sekolah dan guru berperan bagai fasilitator dan perancang kegiatan yang dalam memotivasi anak dalam melakukan pembiasaan kemandirian.

Article Details

How to Cite
Afifuddin, F., Irhamna, Badratun Nafis, & Monadia Liiman. (2025). Peran Guru Dalam Menerapkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini . Jurnal Serambi Ilmu, 26(1), 104–113. https://doi.org/10.32672/jsi.v26i1.2927
Section
Articles