Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Tetti Indika
Efendi Napitupulu
Syafruddin

Abstract

Abstrak Penelitian pembelajaran ini berfokus pada: (1) menganalisis apakah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar matematika siswa atau tidak dan (2) menganalisis apakah ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa atau tidak dan (3) menganalisis apakah ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika siswa atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan tes hasil belajar matematika dan angket disiplin belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Sei Balai Tahun Ajaran 2021/2022 dan sampelnya adalah 28 siswa di kelas IV SDN 10 Sidomulyo sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan 28 siswa di kelas IV SDN 08 Sukaramai sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Alat Uji hipotesis yang digunakan adalah Two Way Anova dan menemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa (3) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika siswa.


Kata Kunci: Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Indika, T., Efendi Napitupulu, & Syafruddin. (2025). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Serambi Ilmu, 26(2), 177–191. https://doi.org/10.32672/jsi.v26i2.2483
Section
Articles