Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Prilaku Inovatif dan Partisipatif Guru
Main Article Content
Abstract
Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan profesionalisme guru melalui peningkatan prilaku inovatif guru, partisipatif dan kolaborasi. Perilaku guru yang inovatif perlu menjadi pusat pengembangan profesional guru. Studi pendahuluan penilaian kepala sekolah melalui kuesioner mengenai perilaku inovatif guru di SD Negeri Kecamatan Peusangan diperoleh informasi bahwa secara keseluruhan baru 53,50% guru yang telah memiliki perilaku inovatif yang baik. Perilaku inovatif menjadi tuntutan kepada guru dalam menghadapi tantangan di era digital, guru dihadapkan pada persoalan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang lebih pesat dari ilmu-ilmu lainnya. Pustekkom Kemendikbud tahun 2018 merilis bahwa 60% guru masih gagap TIK. Dengan demikian, guru harus memahami inovasi dan mendukung penerimaan teknologi jika mereka ingin mempertahankan tingkat pengetahuan dan keterampilan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara dan strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui peningkatan perilaku inovatif guru, partisipatif dan kolaborasi, untuk dijadikan masukan dan rekomendasi kepada kepala sekolah, pengawas, dinas pendidikan, dan kemendikbud. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods), yakni metode penelitian yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk digunakan secara bersama sama dalam penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung prilaku inovatif terhadap profesionalisme guru yang dibuktikan oleh nilai koefisien jalur ρ1y= 0,470 (p < 0,05) dengan thitung = 7,938 > ttabel = 0,127. 2) terdapat pengaruh langsung partisipatif guru terhadap profesionalisme guru yang dibuktikan oleh nilai koefisien jalur ρ2y= 0,130 (p < 0,05) dengan thitung = 1,782 > ttabel = 0,127. 3) terdapat pengaruh langsung kolaborasi guru terhadap profesionalisme guru yang dibuktikan oleh nilai koefisien jalur ρ1y= 0,234 (p < 0,05) dengan thitung = 2,444 > ttabel = 0,127. 4) terdapat pengaruh langsung prilaku inovatif guru terhadap kolaborasi guru yang dibuktikan oleh nilai koefisien jalur ρ13= 0,218 (p < 0,05) dengan thitung = 3,247 > ttabel = 0,127) terdapat pengaruh langsung partisipatif guru terhadap kolaborasi guru yang dibuktikan oleh nilai koefisien jalur ρ23= 0,232 (p < 0,05) dengan thitung = 3,247 > ttabel = 0,127. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta 4 .
Pengembangan, Kinerja; Inovatif; Partisipatif;Kolaboratif