Analisis Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terintegrasi Smart Apps Creator Bermuatan Literasi Numerasi

Main Article Content

Rifaatul Mahmuzah
Yulia Zahara
Fitri Ayu Ningtiyas
Nurul Afni Sinaga
Novilia Junianti Saragih
Zurra Yusally Aufa

Abstract

Kondisi akademis siswa Indonesia kerab kali menjadi topik hangat untuk diperbincangkan dikarenakan kompetensi yang dimiliki masih sangat kurang. Terutama kompetensi literasi numerasi. Banyak faktor yang mempengaruhi kompetensi siswa di antaranya adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari motivasi siswa, kegigihan siswa dalam belajar dan sifat kompetitif. Faktor eksternal yang mempengaruhi di antaranya adalah lingkungan belajar di sekolah dan rumah, kelengkapan saranan dan praktik mengajar guru di sekolah. Pengembangan media pembelajaran dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Model yang digunakan dalam mengembangkan media tersebut adalah Borg and Gall sampai tahap ketujuh. Namun pada  penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan saja, yaitu validasi oleh para ahli. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media 1 diperoleh persentase sebesar  91,11 % dengan kategori “Sangat Valid” dan persentase penilaian oleh ahli media 2 diperoleh sebesar 92,78 % dengan kategori “Sangat Valid”. Selanjutnya, berdasarkan penilaian oleh ahli materi 1 maka diperoleh persentase sebesar 95,54% dengan kategori “Sangat Valid” dan  ahli materi 2 sebesar 96,42% dengan kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli media dan ahli materi maka disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android terintegrasi Smart Apps Creator yang dikembangkan layak untuk diujicobakan kepada peserta didik.

Article Details

How to Cite
Rifaatul Mahmuzah, Yulia Zahara, Fitri Ayu Ningtiyas, Nurul Afni Sinaga, Novilia Junianti Saragih, & Zurra Yusally Aufa. (2024). Analisis Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terintegrasi Smart Apps Creator Bermuatan Literasi Numerasi. Jurnal Serambi Ilmu, 25(2), 322–343. https://doi.org/10.32672/jsi.v25i2.2244
Section
Articles