Pengaruh Penyuluhan Gizi Tentang Fast Food Dengan Media Kartu Kuartet Terhadap Pengetahuan Siswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan gizi tentang fast food dengan media kartu kuartet terhadap pengetahuan siswa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Quasi Experimental dengan rancangan one group pre test dan post test design. Sampel penelitian ini berjumlah 45 siswa yang dilaksanakan pada 3 sampai 10 januari 2024. Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data pengetahuan pertama (pretest) dan pengumpulan data pengetahuan terakhir (posttest). Variabel penelitian ini adalah penyuluhan dan pengetahuan. Hasil penelitian menunkjukkan Rata-rata pengetahuan siswa sebelum diberikan penyuluhan dengan media kartu kuartet 14,38 dengan deviasi sebesar 2,94 dan setelah diberikan penyuluhan rata-rata 18,80 dengan deviasi 1,27. Uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikan 0,000. Dengan demikian daa pengaruh penyuluhan dengan media kartu kuartet terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang fast food (P<0,05).