Analisis Kemampuan Praktik Kerja Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Stisip Al Washliyahdalam Penerapan Sistem E-Governance Pada Lembaga Pemerintah Kota Banda Aceh
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan praktik kerja mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara di STISIP Al Washliyah dalam penerapan sistem e-governance di Lembaga Pemerintah Kota Banda Aceh. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis sejauh mana mahasiswa telah mengintegrasikan pengetahuan teoritis mereka dalam konteks praktik kerja e-governance. Metode penelitian yang digunakan dengan menyebarkan e-kuesioner, wawancara, dan pendampingan mahasiswa yang sedang menjalani praktik kerja di beberapa lembaga dan dinas pemerintahan di kota Banda Aceh. Analisis dilakukan dengan menganalisis teori e-governance dengan praktik dilaksanakan mahasiswa pada praktik magang, mengidentifikasi potensi dan tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam penerapan sistem ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan praktik kerja mahasiswa Ilmu Administrasi Negara dalam menerapkan e-governance pada lembaga pemerintah Kota Banda Aceh tergolong baik dengan dengan persentase jawaban diperoleh 55%, sementara kategori sangat baik sebesar 25% dan 20% pada kategori Cukup Baik; 2) Kemampuan menyesuaikan praktik kerja lapangan dengan lingkungan kerja menunjukkan bahwa 63,20% dengan kategori Baik, kategori sangat baik diperoleh sebesar 23.30% dan kategori cukup sebesar 10.50%. artinya kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikakn konsep dalam siatuasi praktik kerja lapangan dengan menerapkan e-governace pada lembaga pemerintah dapat dikategorikan Baik. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kerja mahasiswa Ilmu Administrasi Negara pada program praktik kerja magang Kampus Merdeka Kurikulum Merdeka (MBKM) di STISIP Alwashliyah Banda Aceh adalah motivasi, lingkungan kerja, dan dukungan dari pihak kampus. Dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang sejauh mana mahasiswa Ilmu Administrasi Negara mampu mengimplementasikan pengetahuan teoritis dalam situasi praktik kerja e-governance. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kurikulum pendidikan dan persiapan mahasiswa untuk menghadapi tuntutan e-governance di dunia nyata.
Kata Kunci: Analisis; Kemampuan Praktik Kerja; e-governance; sistem.