Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di Kelas V MIN 3 Banda Aceh
Main Article Content
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk optimalkan. Terkait dengan hal itu, pemanfaatan model discovery learning dapat berpeluang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis peserta didik dalam menghadapi permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika di kelas V di Madrasah Ibtidaiyah 3 Banda Aceh. Penelitian ini melibatkan partisipasi peserta didik kelas V-A dan V-B sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Dalam penelitian ini, satu kelompok menerima pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning sebagai kelompok eksperimen, sementara kelompok lainnya menerima pembelajaran langsung sebagai kelompok kontrol. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (i) penerapan model discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. (ii) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memperoleh model discovery learning memiliki kategori peningkatan lebih baik dibandingkan pembelajaran langsung. (iii) penggunaan model discovery learning cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. (iv) terdapat perbedaan rerata n-gain skor kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model discovery learning dengan peseerta didik yang memperoleh pembelaran langsung