Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengantisipasi Perundungan (Bullying) Di SMP Negeri 1 Astambul
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana peranan guru bimben dama mengantisipasi perundungan. Bullying merupakan diksi serapan bahasa inggris yang diterminologikan Bullying dideskripsikan sebagai perundungan. Perundungan merupakan pengertakan atau orang yang lemah. Perundungan merupakan perilaku agresif dan negatif individu yang menyalahgunakan kekuatan yang dimiliki untuk menyakiti targetnya. Didasarkan temuan penelitian mengindikasikan bahwa terdapat sejumlah perilaku perundungan yang pernah dilakukan siswa SMP Negeri 1 Astambul. Penelitian ini mengimplementasikan teknik kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data mengimplementasikan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan interview yaitu dua guru Bimbingan Konseling, tiga siswa pelaku perundungan dan tiga siswa korban perundungan. Perilaku perundungan atau Bullying tersebut berupa mengolok-olok temannya dengan menghina orangtua, dan tindak kekerasan dengan memukul. Tindakan tersebut menjadikan korban tidak terpenuhi kenyamanannya. Sejumlah upaya guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku perundungan Bullying yaitu menegur pelaku perundungan dan mengarahkan bahwa perilaku tersebut tidak pantas dilakukan dan apabila masih terulang maka guru Bimbingan Konseling akan memberikan sanksi.