Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru

Main Article Content

Marwan
Jalaluddin
Ibrahim
Saiful Bahri

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  membuktikan  terdapat korelasi yang  signifikan  anatara  supervisi  kepala sekolah dengan peningkatan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakn metode survei. Sampel dalam penelitian ini ialah 36 orang guru SD negeri dan swasta  di  Kecamatan  Kota Juang Bireun Provinsi Aceh.  Instrument  dikembangkan berupa angket menggunakan skala likert. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan supervise oleh kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru SD negeri dan swasta  di wilayah  Kecamatan  Kota Juang Bireun dengan perolehan nilai t sebesar 3,80 dengan koefisien regresi 0,33. Nilai t > dari koef.reg = 0,37. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa setiap peningkatan supervise oleh kepala sekolah akan diikuti oleh peningkatan kinerja guru, begitu juga sebaliknya setiap penurunan supervise oleh kepala sekolah akan berdampak pada penurunan kinerja guru. Direkomendasikan bagi kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi supervise untuk memberikan layanan supervise dalam rangka perbaikan pengajaran dan pengembangan frofesional guru. Sehingga terjadinya peningkatan kinerja guru yang berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik dan ketercapaian program-program sekolah.

Article Details

How to Cite
Marwan, Jalaluddin, Ibrahim, & Saiful Bahri. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Serambi Ilmu, 25(1). https://doi.org/10.32672/jsi.v25i1.1126
Section
Articles