Opprotunities And Chalengges For Students As Learning Designers In The Digital Era

Main Article Content

Erianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan bagaimana peluang dan tantangan siswa
untuk menjadi perancang informasi pendidikan di era digita. Penelitian ini adalah
penelitian kepustakaan dimana keterlibatan peneliti sangat menentukan
keberhasilannya. Peneliti bertugas mulai dari pemilihan topic, membuat catatan,
mengolah catatan penelitian. Semua sumber yang telah dibaca kemudian diolah
atau dianalisis untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Analisis data dilakukan
dengan mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan
sintesa, menyususn kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan
dipelajari, dan membuat kesimpulan yang dapat diceritakan kepada orang lain,
sumber data bisa berasal dari sumber informasi seperti buku, jurnal, dan sumber
informasi digital lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran alat
dan media teknologi sperti smartphone juga seakan menjadi kebutuhan pokok
bagi siswa sebagai masyarakat modern seperti: belajar, media sosial, edit foto,
video call, menelepon guru dan teman. Jika diunakan secara tepat, maka siswa
berpeluang menjadi designer pembelajaran di era digital ini. Melalui bantuan guru
dan tenaga kependidikan lainnya, siwa mampu merancang materi ajar yang dapat
digunakan dalam pelajaran seperti animation learning, games learning dan
tutorial computer based learning dan lebih banyak lagi. Namun perkembangan
teknologi dapat menimbulkan persoalan baru pada siswa jika tidak diawasi
dengan baik. Permasalahan ini akan muncul pada perubahan karakter dan
juga ketergantungan kepada gadget, seperti phubbing (phone snubbing) di
mana siswa akan mengisolir diri dan bahkan tidak menghiraukan interaksi
apapun. Untuk itu meminimalisir permasalahan-permasalahan ini, maka
peran guru dan orang tua sangat penting baik di sekolah maupun dalam
pendidikan di rumah tangga.

Article Details

How to Cite
Erianti. (2024). Opprotunities And Chalengges For Students As Learning Designers In The Digital Era . Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 150–166. https://doi.org/10.32672/jsi.v22i1.1121
Section
Articles