Pengaruh Metode Bercerita Dan Kemampuan Menyimak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini

Main Article Content

Rahayu Dwi Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  Pengaruh metode bercerita dengan menggunakan alat peraga boneka tangan dan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar terhadap pembentukan karakter disiplin, Pengaruh kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini, serta untuk mengetahui Interaksi antara metode bercerita dan kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi.  Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur.  Hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung  sebesar 4,537 > nilai Ftabel 2,10 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembentukan karakter disiplin anak dengan kemampuan menyimak tinggi (X = 93) dan siswa yang memiliki kemampuan menyimak rendah (X = 82,57), hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung sebesar 14,728 > Ftabel 2,10 dengan nilai signifikan 0,0015 < 0,05. Dengan demikian menunjukkan pembentukan karakter disiplin siswa yang diajar dengan metode bercerita menggunakan boneka tangan lebih tinggi dari pada pembentukan karakter disiplin siswa yang di ajar dengan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar

Article Details

How to Cite
Rahayu Dwi Utami. (2024). Pengaruh Metode Bercerita Dan Kemampuan Menyimak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 287–300. https://doi.org/10.32672/jsi.v21i2.1112
Section
Articles