Pengaruh Metode Bercerita Dan Kemampuan Menyimak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh metode bercerita dengan menggunakan alat peraga boneka tangan dan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar terhadap pembentukan karakter disiplin, Pengaruh kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini, serta untuk mengetahui Interaksi antara metode bercerita dan kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur. Hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung sebesar 4,537 > nilai Ftabel 2,10 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembentukan karakter disiplin anak dengan kemampuan menyimak tinggi (X = 93) dan siswa yang memiliki kemampuan menyimak rendah (X = 82,57), hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung sebesar 14,728 > Ftabel 2,10 dengan nilai signifikan 0,0015 < 0,05. Dengan demikian menunjukkan pembentukan karakter disiplin siswa yang diajar dengan metode bercerita menggunakan boneka tangan lebih tinggi dari pada pembentukan karakter disiplin siswa yang di ajar dengan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar