Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA
Main Article Content
Abstract
Banyak studi menunjukkan sebagian besar dari lingkungan belajar, misalnya mengajar, buku pelajaran dan tes buatan guru, sangat terfokus pada prosedur algoritmik dan tidak memberikan kesempatan luas untuk siswa belajar berbagai jenis penalaran. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini untuk pengembangan buku siswa, buku guru, dan LKS yang menyajikan masalah kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa memiliki kesempatan dalam belajarnya. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL yang valid, (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL yang praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research). Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick dan Carey. Berdasarkan hasil pengembangan dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid dari hasil validasi keseluruhan perangkat pembelajaran yang menunjukkan kriteria validitas berada pada kriteria sangat valid, validasi soal tes hasil belajar menunjukkan kriteria soal valid dan validitas butir soal secara empirik menunjukkan butir soal valid dan reliabel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan praktis dari hasil uji coba lapangan pada kelas X IA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh, dan nilai tes hasil belajar siswa sudah mencapai rata-rata 76,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran PBL yang dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi kategorikan valid dan praktis.