STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB

Main Article Content

Nurbaiti

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran pada kelas VIII-8 MTsN Model Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan software MATrix Laboratory (MATLAB) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar diberikan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, sedangkan Lemabar observasi aktivitas siswa untuk melihat keaktivan peserta didik dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rumus persentase. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar  63,89%, hasil yang diperoleh pada siklus II  sebesar 72,22%, dan  siklus III sebesar 83,33%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dan III. Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan  dapat  disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan software MATLAB dapat meningkatkan hasil belajar meteri Sistem Persamaan Dua Variabel siswa kelas VIII-8 MTsN 1 Model Banda Aceh.

Article Details

How to Cite
Nurbaiti. (2024). STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB . Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 330–347. https://doi.org/10.32672/jsi.v20i2.1091
Section
Articles