STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran pada kelas VIII-8 MTsN Model Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan software MATrix Laboratory (MATLAB) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar diberikan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, sedangkan Lemabar observasi aktivitas siswa untuk melihat keaktivan peserta didik dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rumus persentase. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 63,89%, hasil yang diperoleh pada siklus II sebesar 72,22%, dan siklus III sebesar 83,33%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dan III. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan software MATLAB dapat meningkatkan hasil belajar meteri Sistem Persamaan Dua Variabel siswa kelas VIII-8 MTsN 1 Model Banda Aceh.