Analisis Manajemen Risiko Keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jajanan Basah “I’O JAJAN” di Pasar Jatibarang

Main Article Content

Silmy Mumtazah
Amirah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko keuangan pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jajanan basah I’O JAJAN di Pasar Jatibarang akibat adanya pedagang jajanan basah yang hadir setelah I’O JAJAN berjualan dan memiliki lokasi yang lebih strategis. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari pemilik usaha UMKM jajanan basah I’O JAJAN di dalam pasar Jatibarang maupun pedagang jajanan basah lainnya. Analisis dilakukan dengan fokus pada strategi manajemen risiko keuangan seperti kualitas produk, harga, variasi produk, serta pelayanan terhadap pelanggan. I’O JAJAN telah menerapkan berbagai strategi untuk mengelola risiko keuangan dengan efektif. Menjaga kualitas, meningkatkan inovasi produk, harga yang kompetitif, serta membangun loyalitas terhadap pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun mengalami sedikit penurunan pendapatan setelah hadirnya pesaing, namun I’O JAJAN dapat mempetahankan usahanya hingga sekarang karena memiliki strategi dibalik dampak persaingan terhadap risiko keuangan.

Article Details

How to Cite
Silmy Mumtazah, & Amirah. (2025). Analisis Manajemen Risiko Keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jajanan Basah “I’O JAJAN” di Pasar Jatibarang. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 3(1), 68–80. https://doi.org/10.32672/mister.v3i1.3887
Section
Articles

References

Atmini, N. D., Hidayanti, U. F., & Gunara, Y. N. (2024). Analisis Manajemen Risiko Keuangan pada UMKM Lela Florist Kota Semarang. Jurnal Visi Manajemen. https://stiepari.org/index.php/jvm/article/view/641

Jikrillah, S., Ziyad, M., & Stiadi, D. (2021). Analisis manajemen risiko terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Kota Banjarmasin. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 134–141. https://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/view/24

Jusmiyanti, J., Alexandro, R., Sundari, S., Rohaetin, S., Nibel, H., Daniel, S., Nonsihai, N., & Sukarningsi, S. (2022). Strategi Bersaing Antar Pedagang Kuliner Taman Sangomang Palangka Raya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/4920

Pamungkas, C. H., & Prasetyo, A. H. (2022). Rancangan Manajemen Risiko pada Perusahaan Startup PT. Haruka Evolusi Digital Utama. Journal of Emerging Business Management and Entrepreneurship Studies. https://jebmes.ppmschool.ac.id/index.php/jebmes/article/view/65

Pane, A. S. A. S., Putri, H. R., Purba, A. T., & Harahap, L. M. (2025). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(02), 122–129. https://ojs.ruangpublikasi.com/index.php/jpim/article/view/259

Sholeh, M. S. (2017). Sejarah Makanan Tradisonal Salatiga Studi Kasus Persaingan Usaha Enting-Enting Gepuk Dan Gulo Kacang Antara Pribumi Muslim Dan Masyarakat Non Muslim Tahun 2000-2010. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/2627/

Yolanda, C., & Hasanah, U. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. https://journal.utnd.ac.id/index.php/jmdb/article/view/1147