PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PEMBENTUKAN MADRASAH QUR’AN SEBAGAI SARANA DAKWAH DI PERUMAHAN PONDOK ABADI JOGOYUDAN LUMAJANG

Main Article Content

Zainul Arifin
Alvin Dian Pramuja

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya di era Generasi Z menjadi problem dan lebih pada pemanfaatan yang harus terlfilter dengan baik, jika pengaruh kemajuan teknologi tersebut tidak berdampak positif, maka akan mempengaruhi kebiasaan dan karakter di segala usia utamanya anak-anak. Perilaku kehidupan di kota mengalami perbedaan dengan desa yang kental dengan kearifan lokal, hegemony masyarakat yang tradisional dan komunal sehingga memiliki ciri religius. Pembentukan karakter yang harus ditanamkan sejak dini didasari nilai-nilai agama menjadi pijakan dan pondasi. Untuk itulah perlunya pemberdayaan masyarakat mengarah pada penanaman nilai keagamaan melalui pembentukan Madrasah Qur’an di Perumahan Pondok Abadi Jogoyudan Lumajang. Adapun hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pembentukan Madrasah Qur’an yang ditempatkan di Masjid Lailatul Qomariyah Perumahan Pondok Abadi Jogoyudan Lumajang sejak 5 November 2023 sebagai sarana dakwah serta menunjukkan peningkatan yang signifikan hingga mencapai 20 anak yang istiqomah mengaji dan memberi perubahan lebih baik  pada santri tentang pengetahuan membaca al-qur’an.

Article Details

How to Cite
Arifin, Z., & Pramuja, A. D. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PEMBENTUKAN MADRASAH QUR’AN SEBAGAI SARANA DAKWAH DI PERUMAHAN PONDOK ABADI JOGOYUDAN LUMAJANG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 249–258. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.1604
Section
Articles
Author Biographies

Zainul Arifin, Institut Agama Islam Syarifuddin

Program Studi Manajemen Dakwah, Institut Agama Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia

Alvin Dian Pramuja, Institut Agama Islam Syarifuddin

Program Studi Manajemen Dakwah, Institut Agama Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia

References

Asha, L. (2020). Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah dari Masa ke Masa.

Etiyasningsih, Sundari, S., Sagiokta, W. I., & Anggraini, P. D. (2024). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1574

Husna, R., Zulmuqim, Z., & Zalnur, M. (2022). Pendidikan Diniyah: Dinamika TPQ-TQA dan MDT (Awu) dan Sejenisnya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kawakib, 3(1), 23–31.

Pramuja, A. D., Ishari, N., & Arifudin, M. (2024). Islamic Boarding School Strategy for Enhancing Comunity Religious Beliefs Through One House One Student System. 9(1).

Pressman, J. L., & Wildavsky, A. (1984). Implementation: the Oakland project. University of California, Berkeley.

Most read articles by the same author(s)