PENGEMBANGAN KREATIVITAS SANTRI MELALUI PELATIHAN KALIGRAFI DI PONDOK PESANTREN SYARIFUDDIN LUMAJANG
Main Article Content
Abstract
Pangabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas santri melalui pelatihan seni kaligrafi di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin, Lumajang, Jawa Timur. Seni kaligrafi merupakan cabang seni dalam tradisi Islam yang menjadi sarana berekspresi dan berkreasi. Dengan menerapkan metode Asset Based Community Development (ABCD), penelitian ini mengidentifikasi dan memanfaatkan potensi santri dalam seni kaligrafi untuk mendorong kreativitas mereka. Tahapan ABCD meliputi pengenalan, penemuan, perancangan, penentuan, dan refleksi. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dalam 10 pertemuan, meliputi pengenalan seni kaligrafi, praktikum dasar, pengembangan teknik, pembuatan karya, dan pameran. Kegiatan diikuti oleh 12 santri putra dengan kolaborasi pengurus dan santri senior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan seni kaligrafi berhasil meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan keterampilan santri dalam seni tulis Islam. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan partisipatif dalam pengembangan komunitas pendidikan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pembelajaran berkelanjutan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustin.A, & Siti.Z (2022) Pemberdayaan Santri Melalui Pelatihan Kaligrafi Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo https://journal.unita.ac.id/index.php/PENGABDIAN/article/download/427/422/
Anshory, Muntaqim, A., & Salis, R. (2024). Calligraphy Art Training as a Means of Introduction to Islamic Culture for the Young. Jurnal Pengabdian 8(1): 53–63. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.12846
Arifin.Z (2024) Pemberdayaan Masyarakat : Pembentukan Madrasah Qur’an Sebagai Sarana Dakwah Di Perumahan Pondok Abadi Jogoyudan Lumajang Doi: https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/ampoen/article/view/1604/1228
Arifin.Z (2024) Santri Creativity Strategy in Realizing Eco Islamic Boarding Schools at the Asy-sarify Pandanwangi Islamic Boarding School, Tempeh District, Lumajang Regency. Doi : https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/7/6
Erikafatul Insani, Nurul Anam (2023)Calligraphy Learning: Analysis of Guidance at Al-Quran Calligraphy Studio Doi: https://doi.org/10.33852/jurnalnu.v7i2.493
Ghazali.A, & Rabain.J, (2021) Cahaya Pena Khat Al- Qur’an. Kalimedia : UIN Sultan Syarif Ibrahim https://repository.uin-suska.ac.id/57579/1/1.%20%20CAHAYA%20PENA%20KHAT%20AL-QURAN.pdf
Hasni.O, Abdurrahman.W, Misbahuddin & Wais Al-Qarni (2021) Pelatihan Seni Kaligrafi Dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Di Kota Manado https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/315
https://pondoksyarifuddin.com/ Diunduh pada Tanggal 22 Maret 2024 pukul 11.09
Kartika.W, Dkk (2022) Pelatihan Seni Kaligrafi Islam dalam Meningkatkan Kreatifitas Santri PPAI Tanwirul Qulub di Desa Ngijo Kecamatan Karangploso https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/download/3381/1483
Pramuja.AD & Arifin.Z (2024) Islamic Boarding School Strategy for Enhancing Comunity Religious Beliefs Through One House One Student System Doi: https://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/334/179
Safitri, Fany (2021) Pembinaan Kreativitas Santri Melalui Program Minat Bakat Studi di Pondok Pesantren Darul A’mal. Undergraduate thesis, IAIN Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4935
Sirojuddin, D. (2001) Keterampilan Menulis Kaligrafi Bagi Santri Pondok Pesantren. Departemen Agama RI. Jakarta : Departemen Agama RI
Zainal.M, Soedarso, Sony,Dkk (2023) Pengembangan Santri Kreatif melalui Peningkatan Keterampilan Seni Islam dan Sumber Daya Pendukung di Pondok Pesantren Nurul Haromain 93 “Ribath Tahfidz Al-Qur’an Al-Fauzi” DOI: https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i1.906