DAKWAH MELALUI PEMBINAAN REMAJA SANTRI DALAM PELESTARIAN Al-BANJARI DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HIKAM 01
Main Article Content
Abstract
Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa yang sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya makan dari itu perlu di lakukan langka-langkah pembinaan menuju hal-hal yang positif dengan memanfaatkan potensi mereka sebagai santri dengan kegiatan keagamaan. Salah satunya melalui pembinaan kesenian Al-banjari yang di dalamnya melantunkan Sya’ir- sya'ir, nasyid, dan juga pembacaan sholawat-sholawat kepada nabi SAW yang di iringi Tabuhan-tabuhan rebana atau hadrah. Metode yang di gunakan mengadopsi metode Hartuti dan Bardawi yakni Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode demonstrasi dan metode latihan. Metode latihan (drill atau training) digunakan untuk mencapai ketangkasan, ketepatan, dan keterampilan tertentu. Salah satu keunggulan dari metode ini adalah membantu dalam memperoleh kecakapan motorik, seperti penggunaan alat-alat. Di sisi lain, metode demonstrasi digunakan untuk demosntrasi menekankan pada cara Mengerjakan sesuatu dengan penjelasan, petunjuk, dan penerapan secara langsung. Pembinaan ini di lakukan dalam 10 pertemuan dengan tujuan menumbuhkan minat bersholawat dan ikut andil terhadap Kesenian lokal
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arifin, Z., & Pramuja, A. D. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PEMBENTUKAN MADRASAH QUR’AN SEBAGAI SARANA DAKWAH DI PERUMAHAN PONDOK ABADI JOGOYUDAN LUMAJANG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 249–258.
Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja dan dinamika: tinjauan psikologi dan pendidikan. K-Media.
Karmela, S. H., & Yanto, F. (2021). Pengenalan Seni Musik Tradisional Melayu Jambi Kompangan dan Hadrah Untuk Menumbuhkan Kepedulian Budaya Lokal. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 66–77.
Pramuja, A. D., Ishari, N., Arifin, Z., & Lubis, A. H. (2024). Sustainable Governance and the Future of Islamic Boarding Schools: Strengthening Human Resources Based on Religious Values: Tata Kelola Berkelanjutan dan Masa Depan Pesantren: Penguatan Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai-Nilai Keagamaan. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 24–38.
Pramuja, A. D., Ishari, N., & Arifudin, M. (2024). Islamic Boarding School Strategy for Enhancing Comunity Religious Beliefs Through One House One Student System. 9(1).
Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah.. dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110.
Yusuf, M., Marsiah, M., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). Pembinaan Remaja Dalam Pelestarian Kesenian Al-Banjari Melalui Gebyar Nasyid. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 13–24.