Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 200208 Padangsidimpuan
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran yang tidak di desain membuat siswa bosan dan jenuh pada saat belajar, yang membuat hasil belajar siswa rendah terhadap pembelajaran. Penerapan Model Problem Based Learning merupakan salah satu cara yang efektif untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar matematika peserta didik setelah diberikan tindakan pada tiap siklus. Keberhasilan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya ada 11 peserta didik atau persentase ketuntasan belajar yang dicapai sebesar 34,38%. Pada siklus I meningkat 28,12% menjadi 20 peserta didik yang tuntas dengan persentase ketuntasan belajar 62,50%. Pada siklus II meningkat lagi sebesar 25,00% menjadi 28 peserta didik yang tuntas dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,50%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad Susanto,(2023) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenadamedika Group
Junaidi Ghony, (2018), Penelitian Tindakan Kelas, Malang: UIN Malang Pres
Khotna Sofiyah , Edy Surya dan Edi Syaputra, (2017), Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbasis Pendidikan Matematika Realistik, artikel Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan
Muslimin, Ibrahim,(2015) Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Surabaya: Unesa University Press
Rizka, Mifira, (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kuadrat Dikelas X MAN Darussalam, Banda Aceh, 2016
Saiful Bahri Djamarah, (2023), Guru dan Anak Didik-Dalam Interaksik Edukasi, Jakarta: Rineka Cipta,
Suci,(2018), Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar, Malang : UIN Malang Press