Efektifitas Penggunaan Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika: Sytematic Literature Review

Main Article Content

Zamaiyah
Yahfizham

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan tinjauan literatur yang menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot dalam pembelajaran matematika memiliki dampak positif terhadap hasil belajar, semangat belajar, dan keefektifan peserta didik. Media pembelajaran adalah salah satu cara inovasi yang dapat dilakukan. Motivasi dan kegembiraan siswa untuk belajar dapat ditingkatkan dengan penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar.  Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang mengumpulkan data dari artikel jurnal nasional terakreditasi yang diterbitkan antara 2019 dan 2023. Dari 10 artikel yang dianalisis. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini menunjukkan bahwa inovasi dalam media pembelajaran, seperti penggunaan Kahoot, dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Zamaiyah, & Yahfizham. (2024). Efektifitas Penggunaan Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika: Sytematic Literature Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1168–1174. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2c.1832
Section
Articles
Author Biographies

Zamaiyah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Amalia, R., & Nawir, M. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN KELAS VII SMP. Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(2), 56-62

Anviani, R., & Pujiriyanto, P. (2022). Penggunaan Aplikasi Kahoot! dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Epistema, 3(1), 1-9.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647-1659.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hidayat, I., Supriani, A., & Setiawan, A. (2023). Implemantasi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP negeri 1 Kunto Darussalam. Journal on Education, 6(1), 6933-6942.

Ismail, M. A.-A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2), 19–26. https://doi.org/10.21315/eimj2017.9.2.2

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.

Khomsah, A. F., & Imron, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kolaborasi Metode Questioning dan Media Kahoot. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 99–118.

Kereluik, K., Mishra, P., Fahne, C., and Terry, L. (2014). What Knowledge Is of MostWorth: Teacher Knowledge for 21 St Century Learning Abstract,.J. Digit. Learn.Teach. Educ29, 127–140

Kocakoyun, H. B. S. (2017). Determination of University Students’ Most PreferredMobile Application for Gamification.,.World J. Educ. Technol. Curr. Issues9,18–23

Marwa, M., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 6(1), 6760-6769.

Nokham, Y. C. R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on thestudent’s perception in the classrooms response system,.Econ. Sustain. Growth, ICDAMT, 178–182

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1–7. Retrieved from http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2019/27__Aprilia_Riyana.pdf

Rahmawati, A., Wijoyo, S., & Hidayat, N. (2024). Implementasi Media Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Basis Data di SMK (Studi Kasus SMK Negeri 6 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(4).

Sartika, & Octafiani, M. (2019). Pemanfaatan Kahoot Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 373–385

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of business research, 104, 333-339

Ulimaz, A. (2019). Hasil Belajar Mahasiswa Prodi DIII Agroindustri Pada Materi Parameter Limbah Cair Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4), 157–163.

Ulya, H., Laily, N. H., & Hakim, M. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Dengan menggunakan video explanasi, po up, dan kahoot. Jurnal of Islamic Religius Education, 4(1), 39–48.

Wahyuni, Y., Fauzan, A., Yerizon, Y., & Musdi, E. (2022). Analisis literasi digital mahasiswa dalam pembelajaran matematika berbasis geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3358-337.

Wang, A. I. (2015). The wear out effect of a game-based student response system,.Comput. Educ82, 217–227

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>